HomePolitik

Demokrat Buka Peluang Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Demokrat Buka Peluang Dukung Jokowi di Pilpres 2019

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Partai Demokrat belum menentukan sikap terkait calon presiden yang bakal diusung di Pilpres 2019. Namun, Demokrat membuka peluang untuk mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden periode 2019-2024.

“Dalam politik segala sesuatunya mungkin walaupun hari ini belum ada sikap khusus terkait siapa yang akan diusung. Tetapi pada akhirnya kapan itu? Tunggu tanggal mainnya,” kata Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu 2019 Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai bertemu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/3).

Yang pasti, kata AHY, Demokrat akan bergandengan dengan partai lain untuk mengusung capres dan cawapres. Pasalnya, Demokrat hanya memiliki 10 persen suara pada Pilpres 2014. Jumlah itu belum memenuhi syarat presidential threshold 20 persen kursi DPR. “Koalisi tentu akan dipertimbangkan. Tapi saya tidak berkapasitas berbicara dengan Jokowi,” ucap dia.

Pada rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Demokrat,  10-11 Meret 2018, AHY belum tahu apakah akan membahas soal penetapan capres dan cawapres. Namun, agenda utama dari rapimnas itu adalah mengonsolidasikan seluruh kader Demokrat untuk siap memenangkan seluruh kontestasi pesta demokrasi, baik itu Pilkada, Pileg maupun Pilpres.

“Belum tahu (apakah rampinas akan mengumumkan capres-cawapres). Sekali lagi sikap itu akan terus digodok, yang jelas rapimnas kali ini untuk mengkosolidasikan. Jadiya 10.000 kader Partai Demokrat akan menjadi momentum kembali menggerakan mesin partai untuk kesukseskan partai,” kata dia. (af)

Baca Juga:  Nasdem Tolak Usulan Hak Angket Demokrat
Baca Juga:  Gerindra dan PKS Kritik Jokowi Gunakan Istana Bahas '2019'

Comment