HomeHukum dan HAM

Din Syamsuddin Sangsi Kader Muhammadiyah Lakukan Makar

Din Syamsuddin Sangsi Kader Muhammadiyah Lakukan Makar

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Tertangkapnya Ketua Gerakan Mahasiswa Bela Bangsa dan Rakyat (GMBBR), Zainuddin Arsyad, memicu reaksi dari mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

Pasalnya, Zainuddin merupakan salah satu kader Muhammadiyah (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah atau IMM) yang sekaligus merupakan mantan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (BEM UMY) periode 2014-2015.

“Prihatin atas banyak aktivis muslim, termasuk kader-kader Muhammadiyah, ditangkap dengan tuduhan melakukan makar. Saya sangsi (ragu) mereka mau melakukan itu,” terang Din Syamsuddin di Madina, Minggu (2/4/2017).

Seperti diketahui, jelang Aksi 313, tepatnya Senin (31/3/2017) dini hari, Zainuddin ditangkap bersamaan dengan diciduknya pentolan Aksi 313 Muhammad Al-Khaththath, Sekjen Forum Umat Islam (FUI).

Baca Juga:  Din Syamsuddin: Pemakzulan Dapat Dilakukan Jika...

Sejumlah tokoh aksi lainnya juga ditangkap dalam kurun waktu yang bersamaan, yakni Irwansyah, Veddrik Nugraha alias Dikho, dan Marad Fachri Said alias Andre. Dan perbuatannya tersebut diancam pidana pelanggaran Pasal 107 KUHP juncto Pasal 110 KUHP.

“Mereka hanya kritis dan protes terhadap ketidakadilan, baik sosial, ekonomi, dan hukum,” imbuhnya.

Ia pun menyesali langkah kepolisian yang seolah menangkap mereka tanda dasar, asalan dan bukti yang jelas. Padahal banyak orang yang melanggar hukum tapi terkesan dibiarkan dan malahan diberi perlindungan spesial.

Baca Juga:  Polisi Pastikan Tommy Soeharto tidak ada Kaitan dengan Makar

“Bukankah menangkap mereka yang hanya berniat menegakkan kebenaran adalah bentuk ketidakadilan nyata, sementara seseorang yang kasat mata berbiat kejahatan/melanggar hukum tapi bebas bergerak bahkan terkesan mendapat perlindungan?” sesalnya.

Di akhir curhatnya, ia menegaskan bahwa ‘Keadilan Ilahi’ jangan sampai mencari jalannya sendiri, sembari mengutip ayat dalam kitab suci.

Mereka merekayasa, dan Allah membalas rekayasa mereka, sesungguhnya Dia Perekayasa Terbaik,” imbuhnya mengingatkan. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0