DPR RI  

DPR Ancam Anggaran KPK dan Polri Ditiadakan Jika Miryam Tidak Dihadirkan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Anggota Pansus Hak Angket KPK, Muhammad Misbakhun mengancam tidak akan membahas anggaran kepolisian dan KPK untuk tahun 2018 jika permintaan untuk menghadirkan Miryam S Haryani tidak digubris.

“Penggunaan alat negara ini sudah ada dudukannya dalam UU MD3. Kalau kepolisian kemudian menolak atau menyangkal tidak dalam proses pro justicia dalam kaitan memanggil paksa dalam kepentingan Pansus, kita juga bisa menggunakan instrumen alat kekuasaan DPR yaitu pembahasan anggaran,” terang Misbakhun, di Jakarta, Selasa (20/6/17).

Anggota Komisi XI DPR menerangkan bahwa jika tidak ada pembahasan anggaran dari DPR, maka kedua lembaga tersebut tidak akan mendapatkan anggaraan untuk tahun 2018 nanti.

“Di-decline (tolak) saja anggaran polisi jadi nol, KPK nol, selesai. Kita menggunakan kewenangan kita,” tegasnya.

Ia juga mengakui, usulan tersebut sudah dikomunikasikan dan mayoritas anggota fraksi di DPR sudah bersepakat untuk menunda pembahasan anggaran kedua lembaga tersebut.

Seperti diketahui, KPK memastikan tidak akan menghadirkan Miryam S Haryani seperti permintaan para anggota DPR melaluiPansus Hak Angket.

Menanggapi penolakan tersebut, DPR kemudian akan memanggil paksa Miryam dengan meminta bantuan kepada pihak kepolisian, namun lagi-lagi pihak kepolisian juga menolak permintaan Pansus Hak Angket KPK untuk menjemput paksa Miryam S Haryani. (dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90