HomeDPR RI

DPR Ketuk Palu Setujui Penggunaan Hak Angket KPK

DPR Ketuk Palu Setujui Penggunaan Hak Angket KPK

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Dalam sidang paripurna DPR RI yang digelar hari ini Jumat (28/4), para wakil rakyat itu sudah menyepakati penggunaan hak angket untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Meskipun sidang sempat dihujani oleh interupsi dari tiga Fraksi yakni PKB, Demokrat dan Gerindra. Namun pimpinan sidang Wakil ketua DPR RI Fahri Hamzah tetap bergeming dan mengetuk palu tanda disetujuinya hak angket untuk komisi anti rasuah yang sedang meyelidiki kasus korupsi e-KTP tersebut.

“Keputusan belum kita ambil bapak ibu sekalian, jangan kita terlalu tegang. Kedua hak angket adalah konstitusional secara sangat biasa, setelah hak bertanya dilakukan alat kelengkapan masing-masing. Ini adalah eksistensi dari penggunaan hak secara konstitusional,” kata Fahri di ruang rapat Paripurna DPR, Jakarta, Jumat (28/4).

Baca Juga:  Hak Angket KPK dan Lemahnya Nalar Anggota DPR RI

Setelah itu politikus PKS ini menjelaskan kronologis pengusulan hak angket tersebut pada 324 orang anggota DPR yang hadir dalam rapat paripurna.

“Pandangan sudah disampaikan, tetapi mengatakan dan menanyakan kepasa seluruh anggota apakah usul penggunaan hak angket terhadap pelaksanan tugas dan kewenangan KPK yang diatur UU dapat disetujui hak angket?,” tanya Fahri.

Baca Juga:  Soal Hak Angket, Fahri Hamzah Dinilai Asal Ketuk Palu dan Abuse of Power

Lalu sejumlah anggota DPR menyahut dan menyatakan setuju.

“Terima kasih baik kita sudah simpulkan penggunaan hak angket. Terimakasih telah disetujinya penggunaan hak angket,” kata Fahri.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Fahri Hamzah didampingi Agus Hermanto, Taufik Kurniawan, Fadli Zon dan Setya Novanto.

Sebagaimana diketahui, KPK saat ini masih dalam tahap penyelidikan kasus mega korupsi triliunan rupiah proyek e-KTP yang diduga melibatkan banyak nama dari anggota DPR RI. (ZA/trb)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: