oleh

DPR: Soal Efektifitas Pertanian, Indonesia Perlu Belajar Banyak dari Korea

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Didampingi oleh Pimpinan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) beserta Pemuda Tani Indonesia, The Korea Federation of Young Farmers Association (KFYFA) melakukan kunjungan ke DPR RI dan diterima oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Saat dialog kedua belah pihak, Fadli menekankan pentingnya bagi petani Indonesia mencontoh efektifitas pertanian di Korea. KFYFA yang terdiri dari para petani muda, sementara usia petani di Indonesia rata-rata berusia 50 tahun. Bagi Fadli, ini bisa menjadi spirit bagi anak muda Indonesia agar menggeluti sektor pertanian. Di Korea, sektor pertanian menjadi favorit bagi anak muda dan ternyata bisa membuat mereka jauh lebih sejahtera dibanding masyarakat lainnya.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyerahkan cinderamata kepada perwakilan Petani Muda Korea (24/4)

“Kita perlu belajar dari mereka. Mereka bisa bertani secara efektif, efisien, kemudian mereka menghasilkan produk yang memang mendapatkan harga yang baik, ada insentif harga yang baik. Peran mereka seperti apa, peran pemerintah seperti apa, saya kira ini perlu kita pelajari,” ungkap Fadli di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Baca Juga:  Atlet Korut dan Korsel akan Pawai Satu Bendera Saat Asian Games di Jakarta

Dia juga menyampaikan bahwa Korea sangat mengedepankan dan memprioritaskan sektor prtanian, karena ini menjadi bagian dari program negaranya sejak awal. Selain itu, banyak masyarakat Korea yang berprofesi sebagai petani.

“Kita lihat petani di Korea ini petani muda dan sukses, berhasil. Kita lihat tadi ada peternak ayam 120 ribu hanya diurus oleh dua orang. Ada padi, dan macama-macam dari berbagai basis komoditas, ini sangat mencerahkan,” ujar Fadli.

Baca Juga:  6 Mafia Pupuk Bersubsidi Diringkus Polisi Purwakarta

Di akhir pertemuan kedua belah pihak saling menandatangani kerja sama di sektor pertanian bersama juga dengan Universitas Trilogi. (DP)

Komentar

Berita Lainnya