DPR di COP27: Multilateralisme untuk Pimpin Pemulihan Iklim

SUARADEWAN.com – Fadli Zon, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, hadir dalam Sidang COP27 di Mesir. Fadli Zon memberikan intervensinya mengenai kerusakan iklim global pada sesi ‘Climate Action and Sustainable Development: How Can Parliament Address The Interlinkages for A More Resilient World?‘ pada hari Minggu, 13 November 2022.

Petinggi DPR ini mengatakan bahwa krisis yang dihadapi dunia sebagai dampak perubahan iklim kian mengkhawatirkan. Hal ini membutuhkan aksi yang lebih nyata guna melindungi dunia dari dampak yang lebih buruk lagi. Multilateralisme yang kuat adalah kunci jawaban persoalan tersebut.

Baca Juga:  Parlemen Iran Puji Indonesia Sebagai Contoh Bagi Negara Islam

Fadli menjelaskan bahwa multilateralisme perlu karena dampak dari perubahan iklim sudah melampaui batas. Parlemen melalui upaya diplomasi harus bertindak sebagai katalis untuk memperbarui solidaritas antar negara demi mewujudkan tujuan yang tertuang dalam Perjanjian Paris.

Beliau juga mengusulkan prioritas perlindungan terhadap kelompok rentan. Dan Parlemen memiliki kewajiban moral untuk membangun ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim di saat sekarang dan masa depan.

Baca Juga:  Mahkamah Turki Tegaskan Larangan Jilbab Inkonstitusional

Kepemimpinan yang kuat dalam perjuangan merupakan motor utama pemulihan iklim global. Mengenai ini beliau menuturkan, “Parlemen harus memberi contoh dan memastikan akuntabilitas pemerintah atas semua tindakan untuk pemulihan global serta mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim.” ***

Tinggalkan Balasan

banner 728x90