HomePolitik

Dradjad Wibowo: Tidak Hanya PAN yang Kerap Berseberangan dengan Pemerintah, PDIP Juga Sering

Dradjad Wibowo: Tidak Hanya PAN yang Kerap Berseberangan dengan Pemerintah, PDIP Juga Sering

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Mantan Wakil Ketua Umum PAN, Dradjad Wibowo mengatakan wajar jika PDIP bersikap seperti itu. Dikarenakan sebagai partai pengusung utama Presiden Jokowi dalam pemilihan pada 2014, di mana Jokowi menjadi anggota partai. Tentu PDIP berharap semua kader parpol yang ikut duduk di kabinet untuk mendukung penuh langkah-langkah yang telah dilakukan Presiden dalam hal kebijakan.

Ia pun mengakui, partainya beberapa kali mengambil sikap politik yang berbeda dengan Presiden, seperti dalam pilgub DKI 2017. Walaupun Presiden secara formal netral. Sementara PAN, termasuk Ketua Dewan Kehormatan (Wanhor), Amien Rais dan Ketua MPP yang juga Ketua KEIN telah aktif berkampanye mengalahkan lawannya, dalam hal ini Ahok.

Baca Juga:  Serangan Teror Menguat, DPR Dorong Penuntasan RUU Terorisme

“PAN juga tidak jarang bersikap kritis terhadap kebijakan pemerintah seperti Perppu 2/2017. Pak Amien Rais bahkan sering berseberangan dengan Presiden. Pak Amien menjadi salah satu tokoh kunci demo 411/212 dan seterusnya. Di mana banyak sekali kader PAN yang turun ke jalan. Jadi wajar jika PDIP melalui mas Hasto bersikap seperti itu,” kata Dradjad dalam pernyataanya, Jumat (14/7).

Meski demikian lanjut dia, harus diakui bahwa PDIP sendiri beberapa kali tidak sejalan dengan Presiden, bahkan berseberangan. Seperti kasus Menteri BUMN, Rini Soemarno yang merupakan salah satu contohnya.

Baca Juga:  Polri Siap Jemput Paksa Miryam, Jika Diminta Oleh Pansus Angket KPK

“Jika sepenuhnya mendukung Presiden, PDIP seharusnya mendukung Rini menjalankan perintah Presiden. Dalam banyak hal, PDIP justru di barisan depan mengganggu, atau minimal ikut mengganggu Rini. Mulai dari penolakan Rini hadir di Komisi VI DPR, kritik keras terhadap PMN bagi BUMN hingga kasus Pelindo 2 atau Jakarta International Container Terminal (JICT) dan proyek Semen Indonesia di Rembang.

Lebih lanjut kata dia, PDIP selalu menggoyang Rini, sementara di seberangnya, Presiden Jokowi terlihat mengandalkan Rini. (YP)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: