HomeDaerahTangerang Raya

Dua Spesialis Ganjal Kartu ATM di Tangsel Berhasil Diamankan Polisi

Dua Spesialis Ganjal Kartu ATM di Tangsel Berhasil Diamankan Polisi

TANGSEL, SUARADEWAN.com – Kepolisian Resort Tangerang Selatan (Tangsel), Sektor Pondok Aren berhasil mengamankan dua spesialis ganjal kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Tersangka, Dedi Hendri alias Dedi (47) asal Lampung dan Darmin Wibowo alias (38) asal Wonogiri ini, tepergok oleh korbannya pada saat akan menggasak uang dari mesin ATM dikawasan Jalan Maleo Raya, Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, sekira pukul 07.30WIB tanggal 12 Juli 2017.

Kepada SuaraDewan.com Kapolres Tangsel AKBP Fadli Widiyanto mengatakan, pada saat itu, korban yang bernama Pujiono (30), masuk kedalam mesin ATM salah satu Bank BRI yang beralamatkan di Jalan Maleo Raya. Namun tiba-tiba, kartu ATM milik Pujiono tersangkut didalam mesin dan tak dapat dikeluarkan. Dibelakangnya, muncul seorang pelaku, Darmin, yang juga berpura-pura mengantri untuk mengambil uang di mesin ATM, dan menyarankan korban untuk melapor ke Bank setempat untuk mengurus kartunya yang tersangkut.

Baca Juga:  Berniat Lerai Keributan, Anggota Polisi Tewas Dibacok

“Setelah kartu dimasukkan ke dalam mesin ATM, tidak ada petunjuk apapun di layar mesin. Korban lalu pergi, berniat mendatangi lokasi Bank terdekat. Agar korban tak curiga, pelaku Darmin pura-pura meninggalkan area itu juga, sedangkan satu pelaku lain yang menunggu diluar ¬†bergantian masuk kedalam ruang ATM tersebut,” kata Kapolres Tangsel AKBP Fadli Widiyanto, pada Jum’at (14/7).

Lalu, Kapolres Tangsel AKBP Fadli Widiyanto menambahkan, pelaku Dedi masuk kedalam dan berupaya mengambil kartu ATM korban menggunakan gergaji besi tipis sekira berukuran 20 cm. Sementara sebelumnya, pelaku sudah mengganjal lubang mesin ATM dengan menggunakan tusuk gigi yang sudah di modif dengan menggunakan korek kuping.

“Pelaku menggunakan gergaji untuk mencongkel kartu ATM. Tapi kemudian tepergok oleh korbannya yang datang kembali ke ruangan itu, lalu keduanya berhasil diamankan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Polres Tangsel Sita 13 Unit Mobil Terkait Tindak Pidana Fidusia

AKBP Fadli Widiyanto menjelaskan, berdasarkan pengakuan ke duanya, pelaku sudah beraksi sebanyak tiga kali. Diantaranya, SPBU Alam Indah Cipondoh sebanyak dua kali, dan terakhir di Bintaro Pondok Aren.

“Berdasarkan pengakuan tersangka, keduanya beroperasi di wilayah tangsel saja, dan rata-rata korbannya perempuan semua,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kapolsek Pondok Aren Kompol Indra Ranudikarta mengimbau, agar masyarakat lebih berhati-berhati dan jangan mudah percaya terhadap orang-orang baru.

“Kami menghimbau, agar warga lebih berhati-hati lagi. Kalau ada orang asing yang berniat membantu jangan begitu saja dipercaya, sebaiknya minta tolong dengan petugas setempat di ATM itu,” ungkapnya.

Akibat dari perbuatannya, keduanya dijerat Tindak Pidana Percobaan Pencurian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHP Juncto Pasal 53 KUHP dengan ancaman enam tahun penjara. (fn)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: