HomeKorupsi

Dua Tahun Dipenjara, Eks Anggota DPRD Makassar ini Tetap Terima Gaji 37juta per Bulan

Dua Tahun Dipenjara, Eks Anggota DPRD Makassar ini Tetap Terima Gaji 37juta per Bulan

MAKASSAR, SUARADEWAN.com — Terbukti bersalah korupsi dana bansos ratusan juta rupiah dan divonis hukuman 5 tahun dan pidana denda sebesar Rp 200.000.000 berdasarkan putusan nomor 2703 K/Pid.Sus/2015 yang diputus pada 16 Juni 2016 lalu, Eks Anggota DPRD Makassar Mustagfir Sabry tetap mendapatkan gaji bulanan sebesar 37juta rupiah per bulan.

Mustagfir Sabri yang akrab dipanggil moses ini tetap menerima fasilitas ini lantaran pihak Sekretariat DPRD Makassar belum menerima salinan putusan dari MA dari Kejari Makassar. Padahal MA telah mengeluarkan putusan yang berkekuatan hukum tetap. Putusan itu dikeluarkan pada 2016. Artinya, Mustagfir masih tetap menikmati gaji anggota DPRD Makassar selama 2 tahun di balik penjara.

Baca Juga:  Daftar Pasangan Suami Istri Kompak Korupsi Sejak 2012

“Gaji pokok dan tunjangan-tunjangannya sekitar Rp 37 juta setelah potong pajak, itu karena karena tidak ada dasar untuk menghentikan gajinya, tapi kami sudah menyurat ke Kejari Makassar, apa sudah ada salinan putusan dari MA” kata Sekretaris DPRD Makassar Adwi Awan di Makassar, Sulsel, Selasa (8/5/2018).

Mantan kader partai Hanura tersebut tetap menerima gaji juga dikarenakan Partai Hanura sebagai partai yang menaunginya hingga sekarang belum mengajukan Penggantian Antar Waktu (PAW) sejak vonis diputuskan, sehingga secara administratif Moses masih menjabat Anggota DPRD Makasar.

Baca Juga:  Terjerat Korupsi Proyek Jalan, Ketua DPRD Seluma Ditahan Polda Bengkulu

“Waktu itu belum inkrah. Yang bersangkutan banding dan statusnya masih anggota Dewan karena partainya tidak mengajukan PAW. Sekarang juga partainya belum ada suratnya,” tegasnya.

Nama Mustagfir alias moses sempat ramai diberitakan karena tak junjung dieksekusi setelah adanya putusan MA sejak 2016. Saat itu, pihak Kajati Sulsel beralasan pihaknya belum menerima salinan putusan MA.

Moses terbukti melakukan korupsi dana bansos pada 2008 dan menjadi anggota DPRD Makassar periode 2014-2019. Awalnya, Mustagfir divonis bebas pada 2015. Namun oleh MA vonis itu diubah menjadi pidana penjara 5 tahun dalam sidang pada Juni 2016.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0