Komnas HAM: Menkopolhukam Bersedia Bersinergi

SUARADEWAN.com – Menteri Koordinator Bidang Politik dan HAM Mahfud MD mengadakan pertemuan dengan Komnas HAM pada Kamis, 17/11/2022 di Kantor Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Jakarta.

Pertemuan tersebut membicarakan agenda yang akan dilaksanakan selama enam bulan ke depan. Program kerja prioritas Komnas HAM ditentukan di sini.

Atnike Sigiro, Ketua Komnas HAM yang baru, mengungkapkan tentang program kerja yang dibahas. “Salah satunya adalah penyelesaian peristiwa pelanggaran HAM yang berat.”

Baca Juga:  Waspada Pandemi Covid-19, Lion Air Group Umumkan Pengurangan Karyawan

Ketua Komnas HAM 2022-2027 tersebut juga mengatakan jika kendala yang dihadapi selama ini antara lain adalah sulitnya berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung dan Tim Pelanggaran HAM Non Yudisial. Mengenai hal ini Mahfud MD menanggapi dengan dukungan agar pihak-pihak tersebut bertemu.

Persoalan yang dikemukakan dalam diskusi antara lain tentang isu HAM di Papua, perlindungan hak konstitusional warga negara dalam Pemilu Serentak, dan penyelesaian konflik agraria.

Baca Juga:  Mahfud MD Menolak Ide Khilafah

Mahfud MD mengkoordinasikan penanganan permasalahan HAM tidak lepas dari rekomendasi-rekomendasi yang didapat dari pertemuan UPR 2022 di Jenewa, Swiss yang lalu.

Diskusi ini diharapkan menjadi awal yang baik dalam membangun sinergi antara Komnas HAM dan Menkopolhukam dan instusi-institusi lainnya dalam menegakkan HAM di Indonesia. ***

Tinggalkan Balasan

banner 728x90