HomeDaerahMaluku-Papua

Dukungan terhadap Pemekaran Provinsi Papua Terus Mengalir dari Masyarakat Adat

Dukungan terhadap Pemekaran Provinsi Papua Terus Mengalir dari Masyarakat Adat

PAPUA, SUARADEWAN.com – Rencana pemekaran Provinsi Papua menjadi 3 provinsi baru, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan Tengah mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat adat Seireri Kabupaten Biak Numfor.

Hal itu diungkap oleh Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Biak Numfor, David Rumansara.

“Masyarakat adat Seireri, khususnya Biak Numfor,  mereka sangat mendukung Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otsus Jilid II, karena masyarakat menginginkan kesejahteraan,” kata David melalui rilis yang diterima SuaraDewan.com, pada  Jumat (10/6/2022).

David mengungkapkan, lima kabupaten yang tergabung dalam wilayah adat Seireri mendukung penuh rencana pemekaran yang dilakukan pemerintah pusat.

“Dukungan penuh dari lima kabupaten di Seireri, yakni dari Kabupaten Biak Numfor, Supiori, Kepulauan Yapen, Waropen dan Kabupaten Nabire, semua mendukung rencana DOB dan Otsus,” ujarnya.

Baca Juga:  Kota Sorong Tanggap Darurat Covid-19, Abdullah Gazam: Ketentuannya Harus Komprehensif

Bahkan, lanjutnya, masyarakat juga menginginkan adanya pemekaran wilayah baru di Seireri. “Masyarakat menginginkan juga pemekaran Kabupaten baru di Seireri, yaitu Kabupaten Pulau Numfor Yapen, Kabupaten Napa Swandiwe Biak Barat, lalu Kabupaten Yapen Timur dan Yabaru, dan dari Waropen juga ada,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan LMA Biak Numfor, Marthinus Randongkir. Menurutnya, rencana pemekaran wilayah seharusnya didukung oleh seluruh elemen masyarakat karena sejatinya pemekaran itu dimaksudkan untuk kesejahteraan rakyat.

“Harusnya kita semua sepakat karena tujuan pemekaran, baik Provinsi, Kabupaten/Kota, sampai pemekaran Kampung itu tujuannya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa merasakan pembangunan yang ada. Tujuannya untuk masyatakat sejahtera,” ucapnya.

Baca Juga:  Adem, Masyarakat Papua Jogja Gelar BukBer dengan Sejumlah Tokoh dan Ormas

Ia juga meminta kepada pihak-pihak yang menolak DOB maupun Otsus untuk bisa berpikir jernih.

Dirinya berharap, pihak-pihak yang tidak sependapat dengan program pemerintah, termasuk DOB dan Otsus untuk berpikir secara jernih.

“Kami harap mari kita sama-sama saling menunjang, saling menopang untuk berdirinya provinsi baru, utamanya juga pemekaran diwilayah Seireri. Biak bisa dijadikan Kota dan bisa bergeser lagi pemekaran dibeberapa wilayah. Kami sanngat mendukung pemekaran Provinsi Papua Utara,” pungkasnya.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0