HomeKorupsi

Eks Anggota DPR Damayanti Dibui 4,5 Tahun

Eks Anggota DPR Damayanti Dibui 4,5 Tahun

JAKARTA, SUARADEWAN.com-  Mantan Anggota Komisi V DPR Damayanti Wisnu Putranti diputus bersalah dalam kasus suap infrastruktur di wilayah Maluku dan Maluku Utara. Dia divonis 4,5 tahun penjara.

“Menyatakan terdakwa bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan pidana sesuai dakwaan alternatif pertama,” ujar ketua majelis hakim Sumpeno saat membacakan putusan di PN Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakpus, Senin (26/9/2016).

“Menjatuhkan pidana dengan pidana penjara selama 4 tahun 6 bulan dan denda Rp 500 juta subsidair 3 bulan kurungan,” kata hakim.

Dalam pertimbangannya, majelis hakim menilai perbuatan Damayanti merusak demokrasi antara legislatif dan eksekutif karena tidak efektif.

“Perbuatan terdakwa menjadi kepentingan pribadi,” kata Sumpeno.

Sementara untuk pasal yang didakwakan, majelis hakim berpendapat setiap unsur telah terpenuhi. Atas dakwaan ini pihak Damayanti memutuskan untuk pikir-pikir terlebih dahulu. Begitu juga dengan pihak Jaksa Penuntut Umum.

Putusan ini lebih ringan dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum. Dalam tuntutan, Jaksa menuntut Damayanti dengan hukuman selama 6 tahun dengan denda Rp 500 juta, subsidair 3 bulan kurungan.
(rni/rvk)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0