HomeKorupsi

Eks Anggota DPR RI Fraksi PAN Jadi Terpidana Kasus Suap

Eks Anggota DPR RI Fraksi PAN Jadi Terpidana Kasus Suap

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Mantan Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Andi Taufan Tiro, resmi jadi terpidana kasus suap proyek pembangunan jalan di Maluku dan Maluku Utara. Ia dituntut 13 tahun penjara dan denda Rp. 1 miliar subsider enam bulan kurungan.

Hal tersebut diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (29/3/2017). Jaksa juga meminta Majelis Hakim mencabut hak politik Andi selama lima tahun setelah selesai menjalani hukuman pidana.

“Menuntut agar Majelis Hakim memutus atau menyatakan Andi Taufan Tiro terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama,” ujar jaksa Abdul Basir dan pembacaan tuntutannya.

Dari hasil penyelidikan yang ada, jaksa menyebut Andi terbukti menerima suap Rp 7,4 miliar dari Direktur Utama PT Windu Tunggal Utama, Abdul Khoir. Dan uang ini merupakan tujuh persen dari nilai proyek pembangunan ruas dan peningkatan ruang Jalan Wayabula Sofi.

“Perbuatan Andi tidak mendukung pemerintah yang bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta merusak sistem check and balances antara legislatif dan eksekutif,” imbuh jaksa.

Terang bahwa Andi telah menyalahgunakan jabatannya sebagai anggota DPR untuk memperkaya diri sendiri dan menikmati perbuatannya untuk kegiatan politik. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: