Empat Tokoh Mendapat Gelar Pahlawan Nasional, Salah Satunya Adalah Pendiri HMI

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kepada empat tokoh nasional ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/11). Keputusan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden nomor 115/TK/TAHUN 2017 sekaligus dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 November.

Diketahui, penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional tersebut memperhatikan petunjuk Presiden RI kepada Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, Tanda Kehormatan berkenaan dengan hasil sidang III Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan tanggal 19 Oktober 2017 sesuai usulan dari Kementerian Sosial tentang permohonan pemberian Gelar Pahlawan Nasional.

Dewan Gelar, Tanda Jasa, Tanda Kehormatan berkenaan dengan hasil sidang III Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan berpedoman pada Undang-undang nomor 20 Tahun 2009 tentang Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan (Lembaran Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 2009 nomor 94, tambahan lembaran NKRI nomor 5023.

Baca Juga:  Quraish Shihab: ‘Idul Fithri Sebagai Momentum Untuk Membina dan Memperkukuh Ikatan Kesatuan dan Persatuan Kita

Baca juga:

Sebagaimana diketahui, pemberian gelar Pahlawan Nasional juga diberikan kepada salah satu pendiri organisasi mahasiswa terbesar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Prof. Drs. Lafran Pane. Penganugerahan pahlawan itu sebagai bukti pengakuan negara terhadap organisasi kemahasiswaan tersebut.

“Kita semua yang telah banyak menimba pendidikan dan gemblengan sebagai anggota, kader, aktivis maupun fungsionaris HMI menyambut dengan suka cita dan bergembira atas  penganugerahan gelar pahlawan nasional tersebut,” kata mantan Ketua Badko HMI Indonesia Timur Hamdan Zoelva dalam keterangannya, Kamis (9/11/2017).

Baca Juga:  Direktur Hubungan Lembaga LEPPAMI Angkat Bicara Soal Ketum PB HMI


“Anugerah gelar pahlawan kepada pendiri HMI, menunjukkan adanya pengakuan NKRI terhadap HMI sebagai organisasi kemahasiswaan yang telah mempunyai andil yang cukup besar dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dan mengisi kemerdekaan terutama pada masa revolusi fisik,” kata Hamdan Zoelva.

Berikut keempat tokoh yang meraih Gelar Pahlawan Nasional;

  1. Almarhum TGKH Muhammad Zainuddin Madjid (Tokoh Provinsi Nusa Tenggara Barat)
  2. Almarhum Laksamana Malahayati (Tokoh dari Provinsi Aceh)
  3. Almarhum Sultan Mahmud Riayat syah (Tokoh Kepulauan Riau)
  4. Almarhum. Prof. Drs. Lafran Pane (Daerah Istimewa Yogyakarta)

Tinggalkan Balasan

banner 728x90