Profil  

Ester Indahyani, Pembawa Pelita dalam Gelapnya Rasialisme

SUARADEWAN.com – Ester Indahyani Jusuf, atau Siem Ai Ling, adalah aktivis HAM Indonesia yang aktif menyuarakan tentang anti diskriminasi dan anti rasialisme.

Perempuan vokal kelahiran 15 Januari 1971 ini dikenal aktif dalam perjuangan menegakkan hak asasi manusia terkait persoalan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

Ia pernah menjadi anggota tim pengacara milik “Gunawan, Ester, Hotma, & partner”. Juga anggota dewan etik Asosiasi Penasehat Hukum dan Pembela HAM Indonesia.

Ester Indahyani juga pernah meraih penghargaan dari Yap Thiem Award 2001, Majalah Matra 2000, dan Forum of Human Rights 1999.

Karya tulisnya tersebar di berbagai media. Di antaranya ada buku berjudul “Jalan Panjang Penghapusan Diskriminasi Rasial”.

Salah satu contoh penggalan karya pikir Ester Indahyani yang ada dalam sebuah jurnal dapat dilihat di sini.

“Pandangan yang mencibir atau merendahkan bangsa atau etnis yang lain mulai tumbuh ketika sistem penghisapan ekonomi dan perbudakan dijalankan. Para pengusaha melihat peluang keuntungan ekonomi yang tinggi bisa dicapai dengan alasan rasial. Kelompok budak adalah tenaga kerja murah atau gratis. Sedang kelompok ras atau etnis yang lemah bisa diperas dan dirampas hak-haknya tanpa perlawanan yang berarti.”(referensi.elsam.or.id)

Dalam jurnal tersebut ia juga mengatakan diskriminasi yang telah menimpa Yahudi, Indian, dan Turki turut mewarnai keputusan PBB untuk mengadakan konvensi penghapusan segala bentuk diskriminasi rasial pada tanggal 7 Maret 1966. Sebelumnya PBB juga mendeklarasikan tentang Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Rasial pada 20 November 1963.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90