HomeDPR RI

Fahri Hamzah Dukung Status WNI Archandra Tahar

Fahri Hamzah Dukung Status WNI Archandra Tahar

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar mendapat dukungan dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Fahri Hamzah.

Fahri menuturkan, pemberian kewarganegaraan harus berdasarkan rasa kemanusiaan, karena Archandra berstatus ‘stateless’ seperti pengungsi Rohingya yang berada di Aceh saat ini. “Kalau kita tunduk pada hak asasi manusia PBB, maka Indonesia harus segera memberikan kewarganegaraan,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (10/9).

Walaupun mendukung pemberian kewarganegaraan kepada Archandra, dia mengingatkan proses tersebut harus sesuai perundang-undangan yang berlaku. “Kalau dia mau jadi WNI coba apply baik-baik, pasti diterima,” katanya.

Menurutnya, penting bagi Archandra untuk mengikuti peraturan tersebut. Menteri Hukum dan HAM sebagai pihak berwenang diminta patuh terhadap undang-undang, dengan tidak begitu saja memberikan kewarganegaraan kepada Arcandra.

“Dia sudah pernah melanggar sekali loh. Waktu punya dua paspor. Harus ada kesadaran undang-undang dari Archandra. Menteri juga enggak boleh seenaknya meski sebagai pembuat undang-undang,” Pungkasnya. (EE)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0