HomeDPR RI

Fahri Minta KPK Dibubarkan, KPK: Pernyataan Itu Gak Penting

Fahri Minta KPK Dibubarkan, KPK: Pernyataan Itu Gak Penting

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai pemerintah perlu untuk segera mengevaluasi dan membubarkan beberapa lembaga semi negara, termasuk KPK dan Komnas HAM.

“Lembaga semi negara, termasuk Komnas HAM seperti juga KPK, ada tren, menurut saya, lembaga-lembaga ini sebetulnya sudah tidak diperlukan,” kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 3 Juli 2017.

Sebagaimana diketahui saat ini ada 106 lembaga semi negara, Fahri menilai  lembaga semi negara itu tidak lagi diperlukan. Dia berharap pemerintah segera membubarkan lembaga-lembaga itu.

Tak lagi diperlukannya lembaga semacam itu, tegas Fahri, karena negara telah mengalami konsolidasi demokrasi dan penguatan institusi.

Fahri menilai saat ini lembaga semi negara itu banyak ditumpangi pihak-pihak tertentu. Lebih parah lagi, justru dijadikan alat politik.

Baca Juga:  Ahok Divonis 2 Tahun Penjara, Fahri Hamzah: Mari Kita Kembali ke Bangsa Normal

“Jadi mari konsolidasi negara ini dengan cara kuatkan lembaga inti, kurangi lembaga-lembaga semi negara sebab itu membuat kacau. Kadang-kadang dualisme yang berlebihan dan kita juga lagi enggak punya uang,” tegas dia.

Fahri yang meyakini tak akan lagi ada orang yang melakukan pelanggaran hak asasi manusia menganggap Komnas HAM tak lagi relevan. Tugas-tugas itu sudah masuk dalam lingkup Kementerian Hukum dan HAM.

Begitu pula KPK. Pertanggungjawaban pemberantasan korupsi seharusnya ada pada presiden, bukan dibebankan pada lembaga.

“Gunanya apa buat kita? Menghabiskan uang. Termasuk Komnas HAM, KPK. Karena ini fungsinya ada dalam negara. Dulu (lembaga inti) dianggap enggak efektif, ini dianggap diperlukan. Sekarang kalau fungsinya dianggap ada dalam negara, ya ngapain? Bubarkan saja,” ucap politikus PKS itu. 

Baca Juga:  Supres Revisi UU KPK Terbit, Ketua KPK: Gerakan Antikorupsi dalam Kondisi Mengkhawatirkan

Sementara itu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menolak mengomentari pernyataan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. KPK hanya akan fokus bekerja dalam pemberantasan korupsi. 

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pernyataan Fahri soal tidak diperlukannya lagi lembaga semi negara tidak begitu penting. Apalagi, pernyataan Fahri belum tentu mewakili DPR secara kelembagaan. 

“Pernyataan-pernyataan seperti itu sebenarnya tidak terlalu penting (untuk) direspons,” kata Febri di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 3 Juli 2017. (MT)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: