oleh

Galang Dana Sengketa Pilkada ke MK Denny Indrayana Tembus Rp 145 Juta

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Penggalangan dana yang dilakukan Denny Indrayana untuk biaya sengketa Pilkada Kalimantan Selatan ( Kalsel) di Mahkamah Konstitusi (MK) terus mendapat dukungan dari masyarakat luas.

Koordinator Tim Hukum Denny Indrayana-Difriadi Darjat, Jurkani mengatakan, masyarakat sudah banyak mendonasikan uang ke rekening yang telah ditentukan. Bahkan, kata Jurkani, donasi dari masyarakat sudah melewati Rp 100 juta.

“Donasi ini kan atas desakan masyarakat dan juga relawan yang ingin memperjuangkan kemenangan Denny-Difri di MK. Total dana yang terkumpul kini mencapai Rp 145 juta,” ujar Jurkani saat dikonfirmasi, Rabu (23/12/2020) malam.

Seluruh sumbangan masyarakat tersebut, kata Jurkani, untuk membiayai berbagai macam keperluan selama sengketa Pilkada Kalsel di MK. Jurkani memberi contoh, biaya transportasi dan akomodasi saksi akan menggunakan biaya donasi tersebut.

Baca Juga:  27 Sengketa Pilkada Sudah Terdaftar di MK

“Donasi itu dipergunakan untuk transportasi, akomodasi saksi ahli. Nanti secara transparan kita umumkan penggunaan donasi itu ke publik. Jika ada sisanya, akan kita sumbangkan ke fakir miskin,” jelasnya.

Dia menambahkan, donasi akan terus dibuka sampai Maret 2021 atau sidang sengketa Pilkada Kalsel dimulai.

Meski mendapat sorotan dari berbagai pihak, dia menyebut donasi penggalangan dana tersebut sama sekali tidak melanggar hukum.

“Ini kan tidak ada melanggar hukum sama sekali. Sudah kami cek dan ternyata sah-sah saja. Ini juga tidak memerlukan izin,” pungkasnya.

Baca Juga:  71 Permohonan Sengketa Pilkada 2020 Telah Diajukan ke MK

Sebelumnya, calon gubernur Kalsel, Denny Indrayana resmi mengajukan perkara gugatan Pilkada Kalsel ke MK pada, Selasa (22/12/2020). Dalam kesempatan itu, Denny didampingi sejumlah pengacara kondang, salah satunya adalah mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (kompas.com)

Komentar

Berita Lainnya