HomeHukum dan HAM

Gara-gara Lagu Kopi Dangdut, Timses Ahok Dillapor Polisi

Gara-gara Lagu Kopi Dangdut, Timses Ahok Dillapor Polisi

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Tim sukses pasangan Cagub dan Cawagub Basuki-Djarot, dilaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya Jaksel, atas dugaan penyalahgunaan hak cipta oleh Pelantun sekaligus pencipta lagu Kopi Dangdut, Fahmi Shahab melalui kuasa hukumnya A.F. Donggo Selasa 11 Agustus 2017.

Diakui oleh AF. Donggo, Kliennya mengalami kerugian akibat lirik lagunya diduga diubah untuk ajang kampanye salah satu pasangan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta Ahok-Djarot.

“Kami melakukan hal ini karena klien kami dirugikan, baik secara moral maupun materil. Di mana kegiatan-keguatan klien kami banyak yang di cancel oleh pihak penyelenggara. Ini yang membuat klien kami pusing,” ungkap Donggo.

“Dan setelah ditelusuri, lagu Kopi Dangdut itu, ada yang bajak dan digunakan sebagai lagu untuk kampanye Ahok-Djarot. Itulah sebabnya karena menggunakan lagu itu tanpa izin pihak klien kami,” sambungnya.

Menurutnya, kliennya Fahmi Shahab baru mengetahui hal tersebut sejak tanggal 6 April 2017 lalu saat dirinya sedang menyaksikan sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta.

Sebelum membuat laporan, Fahmi Shahab bersama kuasa hukumnya terlebih dahulu menginginkan agar hal ini bisa dibicarakan secara pribadi, dengan mendatangi kantor televisi swasta yang bersangkutan, dan meminta agar perwakilan tim sukses Ahok-Djarot untuk melakukan pertemuan, akan tetapi timses ahok-djarot tak kunjung datang sesuai dengan jadwal yang ditentukan di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Akhirnya ia dan kuasa hukumnya memilih untuk menempuh jalur hukum.

Sebelumnya, Fahmi Shahab pria kelahiran 9 Januari 1956 ini pada Maret 2014 silam juga pernah melaporkan Indosiar atas dugaan pelanggaran hak cipta, bermula saat lagu Kopi Dangdut dan Gubuk Bambu muncul dalam sebuah drama mini seri KEJORA 1 dan 2 yang dibintangi oleh para bintang D’Academy Indosiar. saat lagu tersebut ditayangkan tanpa izin, aransemen musiknya berbeda dan tidak tercantum si pencipta lagu yang tak lain adalah Fahmi sendiri. (EW)

Berikut iklan kampanye yang dimaksud:

https://youtu.be/jk8gpiWLeRI

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: