HomeParlementariaDPRD

Gara-Gara Vonis Ahok, Anggota DPRD Manado Undur Diri dari Jabatannya

Gara-Gara Vonis Ahok, Anggota DPRD Manado Undur Diri dari Jabatannya

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Efek dari keputusan hakim yang memvonis Ahok dengan penjara 2 tahun ternyata berimbas luas. Tak hanya aksi solidaritas untuk pembebasannya, ada pula yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagia wakil rakyat.

Ya, Denny Harry Sumolang yang bertindak demikian. Gara-gara vonis Ahok, ia rela meninggalkan jabatannya selaku anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Utara (DPRD Manado). Alasannya, vonis Ahok tidak dirasa tidak adil.

“Inti pengunduran saya untuk memberi dukungan secara moril kepada Ahok sebagai pejuang kebenaran yang dikalahkan dan dipenjarakan oleh para penyamun-penyamun keserakahan yang haus kekuasaan,” ujar Denny saat membacakan surat pengunduran dirinya, Selasa (16/5/2017).

Baca Juga:  Ahok Dipindahkan dari Rutan Cipinang ke Mako Brimob Depok

Diketahui, surat pengunduran dirinya tersebut dibacakan dalam rapat paripurna di DPRD Sulawesi Utara. Ia sendiri sudah menandatangani surat bermaterai soal pengunduran dirinya dan sudah diserahkan kepada Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Selain gara-gara vonis Ahok, politikus Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini juga menerangkan alasan lainnya mengapa ia harus bersikap demikian. Baginya, jabatan sebagai wakil rakyat bukan hanya miliknya, melainkan juga milik kader lain yang ikut menyumbangkan suaranya hingga bisa mencapai kuota bilang pembagi.

Baca Juga:  Kronologi Lengkap Penolakan Kedatangan Fahri Hamzah Di Manado Versi TA DPR

Dan itu merupakan komitmen dirinya saat dilantik pada 2014 silam. Merealisasikannya adalah tanggungjawabnya sebagai kader partai.

“Saya sadar bahwa kursi dan jabatan saya bukan murni dari capaian elektabilitas yang memenuhi kuota bilangan pembagi bagi pemilih di dapil saya, Minut-Bitung. Saya memberi hak kepada teman-teman yang mendukung hingga saya bisa duduk di DPRD Sulut itu,” terangnya kembali. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: