HomeDaerahJabodetabek

Gelar Pleno II, BPW KKSS DKI Jakarta Menginisiasi Dialog Lintas Etnis

Gelar Pleno II, BPW KKSS DKI Jakarta Menginisiasi Dialog Lintas Etnis

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pentingnya menjalin hubungan silaturahmi bersama sesama etnis yang ada di Jakarta, Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) DKI Jakarta akan menggagas Dialog Kebangsaan Lintas Etnis se-DKI Jakarta.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua BPW KKSS DKI Jakarta Syamsul Zakaria dalam rapat pleno II yang bertempat di Room Meeting Cafe Gokana, Sarinah, Jakarta, Jumat (27/10).

“Pertemuan antar etnis merupakan untuk mempertegas bahwa BPW KKSS DKI Jakarta menghimbau pada semua anggota-anggota KKSS di seluruh wilayah Jakarta ini akan tampil sebagai garda terdepan,” kata Syamsul Zakaria.

Dialog tersebut, lanjut pemilik nama panggilan Syam Zack ini, adalah bagaimana KKSS tampil sebagai gerbang pemersatu bangsa. Ia berharap agar di era kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan, Jakarta bisa hidup berharmonisasi bersama berbagai etnis di yang ada di Jakarta.

Serah terima LPJ Panitia Halal Bihalal KKSS DKI Jakarta

Baca juga:

Baca Juga:  Masjid dan Pohon Natal: Indahnya Saling Menghargai

Hal ini menurutnya, untuk mempertegas bahwa warga KKSS yang terdiri dari Bugis, Makassar, Toraja, Mandar, Duri dan lain-lainnya agar menjadi individu atau kelompok yang bisa merawat kerukunan bernegara.

“Mempertegas bahwa KKSS adalah pengawal kerukunan antar agama, kerukunan antar etnis, kerukunan antar berbagai elemen. Bahwa KKSS ini adalah wadah pemersatu bangsa, dalam rangka merawat NKRI,” pungkasnya saat diwawancarai suaradewan.com.

Meskipun KKSS adalah organisasi sosial, Syam Zack berharap organisasi ini tampil sebagai pengawal kerukunan antar etnis, tampil kapan dan dimanapun sebagai pengawal kerukunan lintas etnis. Sebab menurutnya Jakarta adalah Ibukota negara yang memiliki sejuta etnis.

Kerukunan antar lintas etnis menjadi fokus utama untuk menjaga stabilitas negara. Sebab, posisi Jakarta yang begitu strategis menjadikan semua etnis berkumpul di Ibukota ini. Jakarta juga menjadi landscap politik nasional dan pintu ekonomi international.

(Syamsul Zakaria, Ketua BPW KKSS DKI Jakarta )

“Agar warga KKSS menjadi individu-individu maupun secara organisasi, mengawal kerukunan kepada semua etnis menjaga stabilitas sebagai ibukota negara, sebagai pintu gerbang international,” pungkasnya.

Baca Juga:  Safaruddin Hadir di Acara Bukber KKSS Balikpapan

Sebelumnya, rapat pleno II BPW DKI Jakarta membahas mengenai Hari Ulang Tahun Sulawesi Selatan, yang sekaligus juga membahas mengenai HUT KKSS ke 41 tahun.

Dalam HUT KKSS ke 41 tahun ini BPW DKI Jakarta akan menggelar tiga event yang mewakili bidang olahraga, keagaaman dan Dialog. Di bidang olahraga akan digelar jalan santai yang mengundang Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Sementara di bidang agama menggelar Santunan Anak Yatim. Dan yang terakhir adalah BPW KKSS DKI Jakarta akan menjadi inisiator kerukunan lintas Etnis se – DKI Jakarta.

“Rapat pleno ke II KKSS DKI. Materinya menyangkut, pertama, HUT Sulawesi Selatan yang akan diadakan pesta rakyat di TMII anjungan Sulawesi Selatan, dan KKSS DKI Jakarta akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” pungkas Syam Zack.

Diketahui, HUT Sulawesi Selatan yang akan digelar di TMII anjungan Sulsel akan dilaksanakan pada tanggal 11-12 November 2017. Pada kegiatan itu Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan hadir mengisi sambutan dihadapan Warga Sulsel yang lebih dari 2000 orang. (aw)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: