oleh

Gelar Rakernas, Asosiasi DPRD Seluruh Indonesia Usulkan Hal Ini ke Pemerintah Jokowi

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) menggelar rapat kerja nasional II Adkasi dan Workshop Nasional 2018. Rakernas yang berlangsung dua hari dari 27-28 Maret ini mengusung tema peran aktif DPRD Kabupaten dalam mendukung Nawacita Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Ketua Umum ADKASI, Lukman Said menyampaikan Rakernas ini akan mengeluarkan sejumlah rekomendasi ke pemerintah, di antaranya adalah kebersihan proses pilkada, meningkatkan gaji honorer, reformasi agraria, dan revisi Undang Undang 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Kebersihan proses pilkada menjadi perhatian asosiasi lantaran banyaknya persaingan politik yang berlangsung, serta mahalnya biaya politik rentan menganggu pesta demokrasi yang akan berlangsung tahun ini,” kata Lukman di Jakarta.

Baca Juga:  Inilah Susunan Pimpinan DPRD Kabupaten Rote Ndao 2019-2024
Ketua Umum ADKASI, Lukman Said (Peci Hitam) bersama Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Jan S Marinka (berbaju putih)

Lebih lanjut Lukman menjelaskan, terkait dengan reformasi agraria ia menilai harus ada usaha untuk meningkatkan pendapatan pemerintahan daerah dengan memperbaiki alur kas dan pajak dari lahan hasil komoditas seperti kelapa sawit dan pertambangan.

ADKASI juga berencana mengusulkan revisi Undang Undang 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang menurutnya belum terlalu memenuhi asas keadilan.

“Selama ini pajak dan pendapatan disalurkan ke pemerintah pusat, dan pemerintahan daerah yang memiliki lahan dan pekerjanya mendapatkan porsi yang sedikit,” jelas Lukman (27/3).

Hadir dalam pembukaan acara ini adalah Presiden RI Joko Widodo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menkopolhukam, Menteri Koordinasi Perekonomian Darmin Nasution, Menteri dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan diikuti sekira 3.000 peserta yang terdiri dari unsur Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten dari seluruh Indonesia.

Baca Juga:  DPRD Bangka Belitung Berduka, 6 Anggota Dewan Jadi Korban Lion Air JT610

Kegiatan yang berlangsung juga menghadirkan narasumber dari Kejaksaan, Kepolisian, BPK, KPK, DPR RI, Banwaslu dan Kemendagri, dengan moderator Effendi Ghazali dan Ali Mochtar Ngabalin. (elh)

Komentar

Berita Lainnya