HomeHukum dan HAM

Gerindra dan PAN Laporkan Ketua Fraksi NasDem Victor Laiskodat, PKS Hanya Mengecam

Gerindra dan PAN Laporkan Ketua Fraksi NasDem Victor Laiskodat, PKS Hanya Mengecam

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya melaporkan Ketua Fraksi Partai NasDem, Victor Laisdokat, ke Mabes Polri atas tudingannya yang menyebut partai-partai ini adalah pendukung Khilafah Islamiyah.

Sementara itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang juga ikut dituding oleh Victor sebagai partai anti-Pancasila, hanya mengecam keras. Pihaknya tidak, mungkin belum, mengambil langkah hukum sebagaimana Gerindra dan PAN lakukan.

“PKS mengecam keras pernyataan saudara Vicotr B. Laisdokat. Tidak sesuai fakta dan menjurus pada provokasi serta fitnah yang merugikan PKS,” kata Ketua Departemen Hukum dan HAM DPP PKS, Zainuddin Paru, di Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Baca Juga:  Tuding Prabowo Makar, Gerindra: Allan Nairn Fitnah

Menurut Ketua DPP Partai Gerindra, Iwan Sumule, pidato Victor di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 1 Agustus 2017 lalu, merupakan pidato yang provokatif. Pidatonya dianggap telah memancing emosi publik sehingga harus dilaporkan ke pihak berwajib.

“Saya melaporkan ini sebagai priadi dan sebagai kader Partai Gerindra tanpa instruksi dari partai. Ini murni inisiatif saya sendiri,” terang Iwan di Kantor Bareskrim, Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Pelaporan terhadap Victor ini kemudian disusul oleh PAN, diwakili oleh Wasekjen Bidang Hukum dan HAM PAN, Surya Iman Wahyudi. Senada dengan Gerindra, pihaknya juga melaporkan Victor karena pidatonya berisi ujaran kebencian.

Baca Juga:  Fahri Hamzah Ditegaskan Bukan Lagi Anggota PKS

“Kami melaporkan apa yang disampaikan oleh Victor Laisdokat di acara deklarasi calon bupati di Tarus, Kabupaten Kupang pada 1 Agustus 2017. Pidatonya berisi ujaran kebencian,” ujar Surya.

Bagi mereka, apa yang dilontarkan Victor tersebut tak lebih sebagai upaya memicu konflik politik dan konflik di masyarakat. Bahkan, sejumlah kalimat Victor di dalam pidatonya dinilai telah menistakan agama serta mencemarkan nama baik sejumlah partai politik.

Sementara PKS, meski baru sebatas rencana dan sudah mengecam keras pernyataan Victor, pihaknya mengaku juga akan mengambil langkah hukum yang sama. Pelaporan terhadap Victor baru akan dilayangkan pada Senin, 7 Agustus 2017 mendatang.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: