Greta Thunberg: Aktivis Belia Perubahan Iklim

SUARADEWAN.com – Siapa tak mengenal Greta Thunberg, aktivis iklim berusia muda yang protesnya dikenal sangat efektif di seluruh dunia?

Greta Thunberg adalah aktivis iklim asal Swedia kelahiran 03 Januari 2003. Kini ia berusia 19 tahun. Ia mulai mengenal pengetahuan iklim pada usia 8 tahun dan tersentuh isu global warming.

Awalnya, Greta memulai aksinya sendirian pada usia 13 tahun. Ia duduk di depan gedung pemerintah Swedia dengan sebuah papan bertuliskan: “Skolstrejk för klimatet” yang berarti ‘mogok sekolah demi iklim’.

Aksi tersebut dilakukannya setelah kebakaran hutan dan gelombang panas yang terjadi di Swedia.

Ia menyuarakan aspirasi agar pemerintah Swedia mengurangi emisi karbon sesuai dengan Perjanjian Paris (2015) untuk iklim.

Greta berhasil menginspirasi 20.000 siswa lainnya untuk melakukan aksi yang sama pada tahun 2018. Dukungan kemudian muncul dari seluruh dunia, terutama dari para ilmuwan iklim.

Greta tidak hanya menuai dukungan dan pujian atas aksi ekstrem dan suara vokalnya, tetapi juga keraguan dan penyepelean dari berbagai pihak yang merasa protesnya hanya sekedar histeria.

Kabar negatif lain mengatakan Greta disokong oleh dana dari pihak tertentu.

Namun kabar bohong dan keraguan serta penyepelean atas aksi Greta selalu mendapat klarifikasi dan permintaan maaf.

Pada akun instagramnya, @gretathunberg, postingan terakhir pada 02/12/2022 lalu menandakan bahwa ia masih setia dengan aksinya didukung beberapa temannya.

Pada postingan tersebut tertulis: “Climate strike week 224.” Atau berarti minggu ke-224 aksi mogok untuk iklim. Greta menggelar aksi mogoknya setiap Jumat.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90