Guntur Hamzah Jadi Hakim Konstitusi Menggantikan Aswanto

SUARADEWAN.com – Presiden Joko Widodo melantik Guntur Hamzah menjadi Hakim Konstitusi pada hari Rabu, tanggal 23 November 2022. Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 114/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim Konstitusi yang Diajukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Adapun Guntur Hamzah diangkat untuk menggantikan posisi Aswanto.

Proses pelantikan dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti. Setelah Keppres dibacakan, Guntur Hamzah membaca sumpah dan janji sebagai hakim konstitusi dengan disaksikan oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga:  Kaesang Dipolisikan, DPR Minta Polri Profesional Mengusutnya

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” kata Guntur Hamzah.

“Memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” tambahnya.

Baca Juga:  Salam Indonesia Harmoni: BNPT Deklarasikan Kesiapsiagaan Nasional

Guntur Hamzah ditunjuk untuk menggantikan Hakim Konstitusi sebelumnya, yakni Aswanto. Diduga Aswanto dicopot dari jabatannya oleh DPR karena diduga kerap menganulir produk undang-undang yang dibuat oleh DPR. Padahal ia merupakan hakim konstitusi yang dipilih oleh parlemen. ***

Tinggalkan Balasan

banner 728x90