HomeProfil

H. Qomar; Dari Komedian, Anggota Dewan Hingga Menjadi Rektor

H. Qomar; Dari Komedian, Anggota Dewan Hingga Menjadi Rektor

SUARADEWAN.com — H. Nurul Qomar, S.Sos., M.M. lahir di Jakarta, 11 Maret 1960. Keluarga KH. Achmad Yusri dan Hj. Siti Choridah, anak pertama dari tujuh bersaudara, keluarga besar kakeknya tinggal di Cirebon, Jawa Barat, ibu kandungnya berasal dari Desa Sindang, Indramayu dan Bapak kandungnya berasal dari Desa Ciekek, Pandeglang-Banten.

Dia dikenal dengan nama panggung Komar atau Qomar, yang merupakan pemeran dan pelawak Indonesia berdarah Sunda. Bersama dengan Derry, Eman, dan Ginanjar mereka membentuk grup lawak Empat Sekawan yang dikenal melalui komedi situasi Lika-Liku Laki-Laki.

Qomar juga adalah anggota DPR periode 2004-2009 dan 2009-2014 dari Partai Demokrat, untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat VIII. Dan pada 2013, Qomar mengikuti kontes Pemilihan Umum Bupati Cirebon 2013 yang berpasangan dengan Drs. H. Subhan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Cirebon, namun lantas Qomar akhirnya kalah dalam pertarungan itu.

Semasa menjabat sebagai anggota DPR, Qomar juga aktif berdakwah dan aktif menjalani kampanye kegiatan sosial, termasuk di antaranya sebagai Duta Aksara Nasional.

Lama malang melintang di dunia hiburan dan di dunia pemerintah, H. Nurul Qomar dinilai mampu memimpin di institusi pendidikan dengan berbagai dukungan dari berbagai kalangan, Ia kemudian resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Muhadi Setiabudi (Umus) pada Kamis, 16 Februari 2017.

Diketahui, H. Qomar menjadi Rektor Umus menggantikan posisi dari Prof Dr H. Tri Jaka Kartana MSi yang memilih kembali memimpin Universitas Pancasakti (UPS) Tegal. Mantan guru sosiologi dan antropologi di salah satu sekolah swasta di Cirebon dan suami dari Hj Siti Mariyamini akan lebih fokus meningkatkan pendidikan di Kabupaten Brebes.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0