HomeDPR RI

Hadir Sebagai Ahli, Yusril Tegaskan Bersikap Netral Soal Angket KPK

Hadir Sebagai Ahli, Yusril Tegaskan Bersikap Netral Soal Angket KPK

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) panitia Khusus (Pansus) Hak angket DPR bersama Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra rencananya akan digelar di Gedung DPR, besok Senin (10/7).

Untuk memastikan bahwa RDPU yang terjadi besok lancar, Yusril sendiri sudah memastikan akan hadir.

“Saya telah menerima surat resmi dari DPR yang mengundang saya untuk hadir dalam Rapat Dengar Pendapat Umum atau RDPU Dengan Pansus Angket DPR besok jam 14.00. Acara RDPU tsb seperti tertera dalam undangan adalah masukan dari pakar hukum tata negara,” jelas Yusril, Minggu (9/7).

Baca Juga:  Status Pencabutan Tatib DPD Ibarat Kewajiban Menguburkan Jenazah

Sebagai seorang yang ahli dalam sistem ketatanegaraan tentu saja pandangan Yusril dinilai sebagai masukan yang terbaik nanti. Hal itu jelas, bahwa Yusril memang memiliki keahlian dan pengalaman.

Tentunya, Yusril akan menjelaskan bagaimana posisi hak angket DPR yang memang sudah diatur dalam tugas dan fungsi DPR RI,  serta posisi hak angket yang ditujukan kepada lembaga anti rasuah yakni KPK.

“Diminta juga kepada saya untuk menerangkan kedudukan KPK itu dalam sistem ketatanegaraan. Selain itu, saya juga diminta menerangkan sejarah penyusunan RUU KPK, karena saya pada tahun 2002 mewakili Pemerintah membahas RUU tersebut dengan DPR hingga selesai,”terangnya.

Baca Juga:  Pansus Angket KPK Akan Minta Keterangan Yusril

Selain itu, Yusril menjelaskan bahwa dirinya hanya akan menjadi penengah sebagai seorang akademis, hal itu pun menurutnya akan dipaparkannya berdasarkan prinsip-prinsip akademik.

“Saya tidak berada dalam posisi mendukung atau tidak mendukung keberadaan panitia angket DPR, juga tidak berada dalam posisi apakah ingin memperkuat atau melemahkan KPK,” kata Yusril didepan awak media. (aw/si)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: