Hadiri APEC Leaders’ Retreat Session 2, Airlangga Hartato Usulkan untuk Ciptakan Ekonomi Bersih dan Berkeadilann

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Airlangga Hartato menghadiri acara APEC Leaders’ Retreat Session 2 mewakili Presiden Joko Widodo pada Sabtu (19/11/22) lalu. Momen kegiatan tersebut dia unggah dalam akun instagramnya @airlanggahartato_official.

“Dalam APEC Leaders’ Retreat Session 2 yang merupakan agenda penutup rangkaian APEC Economic Leaders’ Meeting (AELM) yang berlangsung Sabtu ini, saya hadir mewakili Bapak Presiden Joko Widodo @jokowi,” tulis dia menandai akun Presiden Jokowi.

Menurutnya, Indonesia sangat strategis, karena termasuk satu-satunya negara yang tergabung dalam kerja sama Internasional, tiga forum sekaligus.

“Indonesia memiliki posisi strategis karena satu-satunya negara yang tergabung dalam tiga forum kerja sama internasional yang paling dinamis saat ini, yakni ASEAN, G20, dan APEC. Kehadiran Indonesia diharapkan mampu menjembatani tiga forum krusial tersebut. Antara lain dalam forum APEC di Thailand, para delegasi menyepakati Leaders’ Declaration menggunakan rumusan yang sama dengan G20 Leaders’ Declaration yang diputuskan di Bali beberapa saat lalu,” tulisnya lagi.

Baca Juga:  Survei IDM: PDIP dan Golkar Dua Besar Dipilih Responden

“Terkait pembahasan ‘Trade and Investment for Sustainable and Inclusive Growth’, saya mengajukan tiga langkah yang dapat kita lakukan secara bersama. Pertama, menyelaraskan kebijakan perdagangan dan teknologi. Kedua, memperkuat ketahanan ekonomi melalui rantai pasok yang tangguh, kuat, dan terintegrasi. Ketiga, APEC perlu meningkatkan komitmen untuk menciptakan ekonomi bersih dan berkeadilan,”  tandasnya.

Tinggalkan Balasan

banner 728x90