HomeDPR RI

Hadiri Undangan Komisi II, Pansel: Kualitas Calon Lebih baik Dari Yang Sebelumnya

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Anggota Panitia Seleksi (Pansel) calon anggota komisioner KPU dan Bawaslu Ramlan Surbakti mengatakan calon anggota KPU-Bawaslu yang mendaftar pada periode tahun ini kualitasnya lebih baik dibanding periode sebelumnya.

“Sekarang hampir merata tapi kualitasnya lebih baik sekarang. Dahulu banyak yang cari kerja,” tutur Ramlan di Gedung DPR saat rapat dengan Komisi II DPR dan Panitia Seleksi untuk membahas soal tahapan seleksi calon komisioner KPU dan Bawaslu, Senayan, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Baca Juga:  Verifikasi Partai Peserta Pemilu 2019 Hanya Untuk Partai Baru?

Dalam kesempatan tersebut, Ramlan menjelaskan soal proses seleksi yang telah berlangsung. Ramlan menyebut ada 326 pelamar yang masuk untuk menjadi komisioner KPU, sementara untuk Bawaslu, ada 209 orang.

Ramlan lalu menjelaskan mengenai tahapan pelaksanaan proses penyeleksian calon anggota KPU dan Bawaslu mulai dari seleksi administrasi, tes psikologi, uji kompetensi tertulis, wawancara dan tes kesehatan.

Ramlan menyebut, ada 326 pelamar yang masuk untuk menjadi komisioner KPU, sementara untuk Bawaslu, ada 209 orang.

Anggota Tim Panitia Seleksi komisioner KPU-Bawaslu dalam rapat bersama Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

“Seluruhnya 565 orang. Tes integritas pribadi melalui test psikologi. Seleksi pertanyaan bukan hanya secara identitas tapi juga pengalaman, serta bidang keilmuan yang menunjang informasi dan komunikasi,” terangnya.

Baca Juga:  Bawaslu RI Minta Daerah Bersiap Hadapi Kompleksitas Pemilu 2024

Hari ini, Kamis (30/3/17) Komisi II DPR mengundang Pansel calon anggota KPU-Bawaslu untuk menjelaskan soal tahapan seleksi calon komisioner KPU dan Bawaslu.

 Rapat bahkan diusulkan diundur karena Ketua Pansel Saldi Isra tidak hadir dalam rapat tersebut. Namun tetap dilanjutkan setelah ada kesepakatan bersama dari semua kedua belah pihak. (DD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: