Haedar Nasir Himbau Pemerintah untuk Mewujudkan Kedaulatan Pertanian dan Pangan

SUARADEWAN.com – “Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinan kalian.” Begitulah kurang lebihnya pesan agama.

Oleh karena itu, setiap kita harus menyadari tanggungjawab tersebut saat diamanahi sesuatu. Dan saat seorang pemimpin abai atas tanggungjawabnya, kita memiliki kewajiban untuk mengingatkannya.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir memberikan tauladan untuk tetap mengontrol dan mengawal sebuah kepemimpinan agar tetap selaras dengan keinginan rakyat.

Sebagaimana dilansir di website MUHAMMADIYAH.OR.ID, Minggu, 31 Oktober 2022, Haedar Nasir menghimbau pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan pertanian dan pangan. Memang sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk merealisasikan hal tersebut.

Baca Juga:  Tamasya Al-Maidah Batal Digelar?

Sebagaimana telah diamanatkan oleh konstitusi agar pemerintah merawat fakir miskin. Salah satunya, ya dengan menghargai produk lokal. Sangat ironis saat para petani sudah berusaha keras untuk menghasilkan tani yang bagus, namun hasil taninya tak memiliki harga yang memuaskan, karena impor pangan masih besar.

“Negara harus punya komitmen kuat sebagaimana melindungi dan mewujudkan kedaulatan pertanian dan pangan. Kalau tanpa itu susah. Tugas pemimpin ini sebenarnya simple; kumpulkan para ahli, para pelaksana kebijakan lalu tantang mereka: yang penting saya ingin petani dan dunia pertanian Indonesia ini berdaya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Hadiri Acara HUT Perindo, Jokowi Himbau Parpol Segera Umumkan Capres

Nashir mengkhawatiran yang beririsan dengan sektor pertanian adalah semakin sedikitnya ketersediaan pangan.

Menurut Haedar solusinya ada dua yaitu kebijakan pemerintah dari pusat sampai bawah dan kesadaran warga untuk mencintai produk sendiri.

“Akhirnya mati yang punya kita, mati yang punya bangsa kita, untuk yang seperti ini perlu ada kebijakan, tapi di saat yang sama kita bisa melawan dengan cara mencintai produk sendiri,” tegasnya.***

Tinggalkan Balasan

banner 728x90