Hampir 100 Dugaan Pelanggaran KPU Diperiksa Bawaslu

SUARADEWAN.com – Setidaknya ada 99 dugaan pelanggaran dalam tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik, terhitung dari 01/08/2022 hingga 13/12/2022.

Dari 99 tersebut, 80 ditemukan oleh Bawaslu, dan sisanya masih berupa laporan dugaan pelanggaran.

Lolly Suhenty, Koordinator Divisi Pencegahan,Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu RI, mengatakan ada 17 laporan yang masuk dalam tahap pendaftaran diperiksa oleh Bawaslu dan 1 laporan diperiksa oleh Panwaslu Aceh.

Tentang hal itu, Lolly mengatakan,”Hasil penanganan terhadap 18 laporan tersebut, adalah 9 laporan dihentikan di putusan pendahuluan, 9 laporan dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan tidak terbukti ada pelanggaran administrasi.”

Di tingkat kabupaten, dugaan pelanggaran cukup banyak. Ada 76 dugaan pelanggaran tahapan verifikasi administrasi yang dilakukan petugas KPU. Dari jumlah tersebut, 11 temuan dihentikan pada putusan pendahuluan, dan 1 dugaan dari Jawa Timur tidak terbukti.

“Sebanyak 64 temuan menyatakan KPU kabupaten/kota terbukti bersalah melakukan pelanggaran administrasi dan diberi sanksi berupa teguran,” ungkapnya.

Sedangkan lainnya adalah dugaan pelanggaran tahapan verifikasi faktual. Dugaan pelanggaran ini berasal dari Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Barat. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90