HomeSosial Budaya

Hari Pramuka ke-56, Presiden Jokowi Ingatkan Soal Penggunaan Internet Positif

Hari Pramuka ke-56, Presiden Jokowi Ingatkan Soal Penggunaan Internet Positif

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Memperingati Hari Pramuka ke-56 dan Raimuna NAsional ke-XI Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan persoalan mengenai cara hidup dan berkembangnya generasi milinial atau Generasi Y.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, karena Pramuka diisi oleh kebanyakan berasal dari generasi Milinial maka harapannya generasi pramuka juga harus berpikir maju sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.

“Kita harus mendidik adik-adik pramuka bukan saja latihan baris berbaris, cara membangun tenda, atau membuat simpul tali saja, tapi juga harus memandu adik-adik pramuka dalam disiplin menggunakan media sosial yang positif dan yang produktif” kata Jokowi saat menjadi pembina upacara Hari Pramuka ke-56 di Bumi Perkemahan, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (14/8/).

Karena lebih dari itu, lanjut mantan Walikota Solo ni, pramuka harus menjadi generasi adaptif dengan kemajuan teknologi, generasi yang bisa menggunakan teknologi kepada hal-hal yang positif.

“Untuk itu, gerakan pramuka harus melakukan terobosan, jangan berpikir linear, jangan terjebak rutinitas dan monoton,”lanjut Jokowi.

Dihadapan ribuan anak-anak Pramuka itu, Presiden kembali mengingatkan bahwa cara-cara lama yang sudah tak sesuai dengan kondisi zaman sekarang mestinya sudah ditinggalkan.

“Kita harus meninggalkan pendekatan-pendekatan lama yang tidak pas digunakan untuk generasi saat ini. Sentuhlah rasa cinta, bangkitkan rasa bangga generasi muda pada tanah airnya sehingga benar-benar tertanam di dalam diri setiap anggota gerakan pramuka,” terangnya.

Orang nomor satu di negeri ini mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-56 kepada seluruh unsur gerakan Pramuka setanah air. Jokowi mengingatkan, Pramuka adalah akronim dari Praja Muda Kirana yang artinya jiwa muda yang suka berkarya.

“Walaupun usia gerakan pramuka semakin bertambah, tapi saya minta semangatnya harus tetap muda harus selalu produktif dalam berkarya, harus inovatif, harus kreatif,” katanya.

Dalam kesempatan itu, hadir juga dalam acara ini Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selain itu, hadir pula Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal (pol) Tito Karnavian, dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. (aw/ko)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0