Hasyim Asy’ari: Pemilu Legislatif 2024 Dapat Bersifat Tertutup

SUARADEWAN.com – Kemungkinan metode Pemilu yang kembali ke sistem proporsional daftar calon legislatif tertutup sangat mungkin terjadi.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari pada hari Kamis, 29/12/2022 di Kantor KPU RI,  Jakarta.

Hasyim, dalam penjelasannya, mengatakan metode tertutup Pemilu calon legislatif tersebut sedang dirundingkan dalam sidang Mahkamah Konstitusi.

Hal tersebut dipertimbangkan dengan melihat rekam jejak putusan yang terjadi selama ini.

“Ada kemungkinan, saya belum berani berspekulasi, ada kemungkinan kembali ke sistem proporsional daftar calon tertutup,” ujar Hasyim Asy’ari.

Hasyim juga menghimbau kepada para calon legislatif untuk tidak buru-buru dan menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi dahulu.

Jika keputusan Mahkamah Konstitusi menetapkan Pemilu akan menggunakan sistem pemilihan caleg tertutup, maka pada lembar kartu Pemilihan Umum hanya akan ada nama partai, nomor urut, dan logo partai. Nama caleg tidak akan dicantumkan.

Selain itu, jika terburu-buru, bisa saja persiapan caleg untuk mempromosikan diri menjadi sia-sia.

“Siapa tahu sistemnya kembali tertutup? Sudah lumayan belanja pasang baliho, pasang iklan, namanya enggak muncul di surat suara,” himbau Ketua KPU tersebut. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90