HomeDPR RI

Heri Gunawan: Calon Terpilih BPK Harus Mampu Menjalankan Nawacita

Heri Gunawan: Calon Terpilih BPK Harus Mampu Menjalankan Nawacita

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendukung penguatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Penguatan dilakukan melalui kualitas anggota yang memiliki konsep audit keuangan negara yang baik.

“Calon yang terpilih harus mampu memperkuat institusi BPK, sehingga bisa berkontribusi nyata terhadap tata kelola pemerintahan yang kuat dan bersih,” ujar Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan di Jakarta, Kamis (22/9).

Menurutnya, BPK juga harus mandiri, bebas, dan mampu mewujudkan tindakan preventif untuk meminimalisir penyalahgunaan keuangan negara. Heri mengatakan kualitas audit kinerja akhir-akhir ini jadi sorotan, terutama menyangkut audit perencanaan dan belanja.

“Calon yang terpilih itu harus mampu mengemban tugas mewujudkan misi Nawacita yang tidak ringan. Lebih-lebih ketika struktur belanja kita makin mengalami perubahan yang signifikan seperti adanya Dana Desa yang menuntut sebuah mekanisme fiskal dan pertanggung jawaban keuangan daerah yang lebih memadai melalui sosialisasi sistem pencatatan yang kredibel,” paparnya.

Ia menambahkan, BPK harus diperkuat sebagai sebuah entitas yang penting dalam ketatanegaraan kita. Pada konteks ini, tugas audit harus mampu diposisikan sebagai bagian dari penguatan pengawasan tata kelola pemerintahan yang sesuai dengan asas-asas good governance.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0