HomeDaerahSulutenggo

HMI Cabang Limboto Desak Pemerintah Untuk Serius Selamatkan Danau Limboto

HMI Cabang Limboto Desak Pemerintah Untuk Serius Selamatkan Danau Limboto

GORONTALO, SUARADEWAN.com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2017, HMI Cabang Limboto menggelar Diskusi Lingkungan Hidup dengan tema ‘Masa Depan Danau Limboto’ dengan menghadirkan pembicara dari BLH Kabupaten Gorontalo dan Balai Wilayah Sungai Sulawesi II yang dilaksanakan di Warkop Dottoro, 5 Juni 2017.

Ketua Umum HMI Cabang Limboto, Subarkah Komendangi menuturkan, Danau Limboto adalah ikon dari Kabupaten Gorontalo makanya wajib bagi pemerintah daerah untuk menjaga dan menyelamatkan Danau Limboto.

“Konflik yang ada mengenai danau limboto harus segera dituntaskan oleh Pemerintah Daerah karena jangan sampai tumpang tindih kebijakan antar stakeholder terkait. Selanjutnya kelestarian danau limboto itu tergantung hulunya. Kalau hutan sudah gundul, maka percuma pemerintah mewacanakan penyelamatan danau limboto. Sehingga penting juga pemerintah daerah untuk melestarikan hutan yang ada di kabupaten gorontalo” ucap Subarkah.

Suasana Diskusi Lingkungan Hidup dengan tema ‘Masa Depan Danau Limboto oleh HMI Cabang Limboto, 5/6/2017

Dalam diskusi yang dihadiri oleh Pengurus BEM dan OKP se Kabupaten Gorontalo tersebut, para peserta diskusi mempertanyakan eksistensi serta langkah kongkrit apa yang akan dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai Sulawesi II dan BLH Kabupaten Gorontalo dalam hal menjaga kelestarian danau limboto.

Baca Juga:  Desak Pansus Hak Angket Bekerja Profesional, HMI dan BEM UG Duduki DPRD Gorontalo

Salah satu peserta diskusi Jepri Polinggapo yang juga Sekretaris Umum HMI Cabang Limboto cukup tegas mempertanyakan tentang langkah kongkrit apa yang akan diambil oleh pemerintah terkait masa depan Danau Limboto.

Baca Juga:  HMI Cabang Limboto Sesalkan Tindakan Represif Polisi kepada Aktivis HMI

“Bicara kelestarian serta mengembalikan eksistensi danau bukan hanya pada pengerukan danau dan eceng gondok akan tetapi bagaimana sungai yang mengalir dari hulu ke hilir bisa dijaga dan dapat dibuat penampungan. Kami juga berharap pemerintah daerah untuk menyelesaikan RT/RW karena ini juga menjadi salah satu indikator menyelesaikan masalah danau limboto tersebut yang akan berdampak banjir. Dan jikalau ini tidak diseriusi maka Gorontalo akan kehilangan sebuah sejarah besar gorontalo”, ucap Jepri.

Kedepan HMI Cabang Limboto akan berkoordinasi dengan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo untuk menyerahkan rekomendasi hasil diskusi ini, tutupnya. (SK)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: