HomeKorupsi

IBC Dukung KPK Baru Usut Tuntas Kasus Pelindo II Hingga ke Akar-akarnya

IBC Dukung KPK Baru Usut Tuntas Kasus Pelindo II Hingga ke Akar-akarnya

JAKARTA, SUARADEWAN.com РPimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru ditantang menunjukkan nyalinya untuk menuntaskan Kasus dugaan korupsi di Pelindo II hingga ke akar-akarnya, khsusunya dalam pengadaan tiga Quay Container Crane (QCC) yang menyeret sang Dirut, RJ Lino sebagai tersangka. Janji komisioner KPK yang baru untuk menangkap big fish koruptor harus diuji-coba lewat kasus Pelindo II. Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Budget Control Akhmad Suhaimi, Senin (23/12).

Ia menambahkan, KPK harus berani menembus orang kuat yang bersembunyi di belakang Lino yang tak lain adalah Wapres Jusuf Kalla dan Menteri Bappenas Sofyan Djalil. Dua sosok ini ditengarai sebagai bamper yang terus-menerus menekan penegak hukum untuk tidak menyentuh Lino.

“Public pun masih ingat bagaimana pencopotan Komjend Budi Waseso dari Kabareskrim pasca penggeledahan kantor Pelindo II. Pun public bertanya-tanya bagaimana RJ Lino sampai mesti menelpon Wapres Jusuf Kalla dan Menko Perekonomian ketika itu Sofyan Djali (sekarang Kepala Bappenas) ketika kantornya di geledah. Padahal dari segi tugas pokoknya tak ada hubungan hirarki RJ Lino dengan wapres JK dan Sofyan Djali,” kata Suhaimi melalui surel ke redaksi Bijaks.net.

Jika dugaan backing ini benar adanya, lanjut Suhaimi, tentu bantuan backing dari keduanya tidak gratis, alias pasti ada timbal balik, mutualis simbiosis, entah berupa imbal konsesi bisnis dan lainnya. “Pemeriksaan Wapres JK dan Sofyan Djali juga menjadi penting untuk menggali kemungkinan keduanya mempunya bisnis di Pelindo II dan kemungkinan terlibat dalam pengadaan QCC,” katanya.

“Public menaruh harapan besar pada Komisioner KPK baru, doa dan solidaritas rakyat menyertai KPK untuk berani usut tuntas korupsi QCC, bahkann jika pun menabrak tembok kekuasaan,” pungkasnya. (nd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0