India Hancurkan Masjid Bersejarah Berusia 500 Tahun untuk “Pelebaran Jalan”

SUARADEWAN.com — Sebuah masjid bersejarah berusia 500 tahun di Negara Bagian Uttar Pradesh, India, dihancurkan Ahad lalu untuk “pelebaran jalan”.

Sejumlah aktivis dan media lokal menyebarkan video saat masjid itu di buldoser dengan alat berat di media sosial. Masjid yang dihancurkan itu adalah Masjid Shahi di Kota Allahabad.

“Departemen Pekerjaan Umum sedang melakukan proyek pelebaran jalan raya di daerah Handia di Kota Prayagraj dan masjid yang dibangun sekitar lima abad lalu menghalangi proyek pelebaran ini,” kata pernyataan kepolisian, seperti dilansir laman Middle East Monitor, Selasa (17/1).

Masjid Shahi di Kota Allahabad.

Media setempat melaporkan masjid itu dibangun pada abad ke-16 dan dihancurkan beberapa hari sebelum pengadilan memutuskan kasus gugatan penolakan penghancuran masjid setelah Mahkamah Agung sebelumnya menolak petisi yang menyerukan penghentian perobohan masjid.

Sejak berkuasanya partai Hindu ekstremis Bharatiya Janata pada 2014, serangan dan ujaran kebencian makin gencar dialami warga muslim India.

Sejumlah masjid juga makin sering diserang dalam beberapa tahun terakhir dan yang paling terkenal adalah ketika masjid bersejarah Babri dihancurkan pada 1992 dan diganti menjadi kuil Hindu. Peristiwa itu memicu kerusuhan muslim-Hindu hingga menewaskan sekitar 2.000 orang.

Berikut cuplikan video saat masjid Shahi dihancurkan:

(ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90