Indonesia Masuk Peringkat atas Negara Penyumbang Emisi Global

SUARADEWAN.com – Greenpeace merilis data terikat Indonesia, yang masih terbilang tinggi dalam menyumbang emisi global, yaitu di bawah Rusia satu tingkat.

“Indonesia bisa mengimbangi pencapaian Jepang dalam menghasilkan emisi gas rumah kaca,” tulis Greenpeace di instagram @greenpeaceid, Kamis (1/12).

Menurut Greenpeace, hal itu disebabkan oleh penggunaan bahan bakar fossil dan penggundulan hutan.

“Emisi di Indonesia sebagian besar dihasilkan dari penggunaan bahan bakar fossil, terutama lewat PLTU batubara dan penggundulan hutan,” sambung Greenpeace.

Negara peringkat pertama penghasil emissi sesuai data statistik yang dirilis Greenpeace adalah China, disusul oleh Amerika Serikat dan India. Hal itu dapat memicu krisis iklim yang mengancam bumi.

“Selain Indonesia, ada China, Amerika Serikat dan India yang menghasilkan emisi gigantis pemicu krisis iklim,” tulisnya lagi.

Akibatnya, banyak negara pada beberapa bulan lalu mengalami gelombang panas (heatwave) berkepanjangan.

“Ini nih yang bikin heatwave berkepanjangan di Indonesia, China, Amerika Serikat, dan India beberapa bulan lalu,” ujarnya.

Masyarakat kalangan bawahlah yang paling merasakan dampak tersebut. Namun sayang, para pembuat kebijakan masih menutup mata akan hal itu dan tetap saja kebijakannya seringkali tidak berpihak pada kepentingan lingkungan. Hal itu karena mereka tidak mengalami dampak secara langsung. Begitu, kata Greenpeace.

“Sayangnya, dampak krisis iklim terasa paling mencekik warga miskin dan marjinal di negara-negara G20 itu. Sementara, para elit pembuat kebijakan bisa hidup nyaman tanpa merasakan dampak krisis iklim langsung,” tegasnya.

Greenpeace menghimbau agar negara-negara yang tergabung dalam Forum G20 bertanggung jawab untuk mengurangi penggunaan emisi.

“Makanya, kita perlu terus mendesak pertanggungjawaban pemerintah negara-negara G20 itu agar segera memangkas emisi masing-masing negara!” himbaunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90