HomeNasionalSosial Budaya

Indonesia Rawan Bencana, Presiden RI Jokowi Ingatkan lagi Soal Ring of Fire

Indonesia Rawan Bencana, Presiden RI Jokowi Ingatkan lagi Soal Ring of Fire

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) menyampaikan duka cita mendalam atas bencana gempa yang mengguncang Jawa Timur kemarin. Jokowi turut mengingatkan bahwa Indonesia rawan bencana lantaran berada di wilayah ring of fire atau cincin api.

“Dan saya perlu mengingatkan bahwa kita ini berada di wilayah ring of fire, di wilayah cincin api oleh karena itu aktivitias alam dapat terjadi setiap saat baik itu gempa dan yang lain-lainnya, kapan saja,” ucap Presiden Jokowi dalam konferensi pers virtual, Minggu (11/4/2021).

Kepala Negara mengingatkan para kepala daerah di Indonesia agar mengimbau masyarakat untuk mempererat kerja sama. Terutama dalam hal meningkatkan kewaspadaan akan bencana alam.

Baca Juga:  Presiden Angkat Empat Staf Khusus Presiden, Tanpa Dilantik Langsung Bekerja

“Oleh sebab itu saya mengingatkan kepada gubernur, bupati, dan wali kota terus mengimbau masyarakat untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kesiapsiagaan, kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana,” ucap dia.

Sementara, terkait gempa di Jawa Timur, Jokowi telah memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat. Selain itu, juga untuk segera mencari korban yang tertimpa reruntuhan.

Presiden memerintahkan jajarannya, antara lain, BNPB, Basarnas, Kemensos, Kemenkes dan juga menteri Kementerian PUPR serta TNI, Kapolri untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan.

“Juga seluruh jajaran aparat lainnya juga pemprov, pemerintah kota dan kabupaten segera melakukan perawatan pada korban yang luka-luka dan juga penanganan dampak dari adanya gempa bumi tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga:  Resolusi Jogja: Tanggapan Presidium Alumni 212 atas Pertemuan GNPF-MUI dan Presiden Jokowi

BPBD sebelumnya melaporkan 43 orang terkena dampak gempa Malang, Jawa Timur. Jumlah itu terdiri dari korban luka ringan, sedang, berat hingga meninggal dunia. Gempa susulan juga terjadi di Malang pada Minggu pagi ini. Gempa susulan ini terjadi 10 kali, setelah sebelumnya gempa M 6,1.

Gempa bumi tak hanya terasa di Malang, melainkan hingga di beberapa daerah di Jatim. BPBD Jatim mengatakan daerah yang paling terdampak hingga pagi ini di Lumajang, Malang, Kabupaten Blitar, Tulungagung dan Kota Blitar.

Presiden RI Jokowi juga menyampaikan duka cita mendalam atas bencana gempa yang mengguncang Jawa Timur kemarin. (timesindonesia)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: