HomeHankam

Indonesia Resmi Menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Indonesia Resmi Menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

NEW YORK, SUARADEWAN.com — Indonesia resmi menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) mulai 1 Januari 2019. Indonesia terpilih bersama empat negara lain yakni Jerman, Belgia, Afrika Selatan dan Republik Dominika, dalam sidang Majelis Umum PBB, Jumat (8/6/2018).

Keputusan ini menjadi sejarah bagi Indonesia. Untuk keempat kalinya Indonesia masuk dalam dewan badan PBB yang berwenang membuat keputusan mengikat secara hukum dan memiliki otoritas untuk menjatuhkan sanksi maupun mengesahkan pengerahan kekuatan.

Dilaporkan kantor berita Reuters, Indonesia meraih suara lebih banyak dibandingkan Maladewa dalam pemilihan satu kursi tersisa yang mewakili Asia-Pasifik. Indonesia mendapat 144, sedangkan Maladewa 46. Sementara empat kandidat lain mulus terpilih tanpa perlawanan. Terdapat 190 suara dalam pemilihan tersebut.

Baca Juga:  PBB Kutuk Tragedi Penembakan South Carolina

Jerman menerima 184 suara, Belgia 181, Afrika Selatan 183, dan Republik Dominika 184 setelah satu putaran pemungutan suara. Kelima negara yang terpilih ini akan bertugas selama 2 tahun hingga 2020 mendatang.

”Mereka menggantikan Belanda, Swedia, Etiopia, Bolivia, dan Kazakhstan,” tulis Reuters, Jumat (8/6/2018).

DK PBB terdiri atas lima anggota tetap, yaitu Amerika Serikat, Rusia, China, Inggris dan Perancis. Selain itu ada 10 anggota tidak tetap yang menjabat selama dua tahun. Setiap tahun Majelis Umum PBB memilih lima negara melalui pemungutan suara tertutup.

Baca Juga:  Serangan Arab Saudi Terhadap Bus di Yaman, Tewaskan 29 Anak. PBB Desak Penyelidikan

Presiden Majelis Umum PBB Miroslav Lajcak mengumumkan hasil pemungutan suara tersebut dengan disambut tepuk tangan meriah. (idn)

Comment