HomeRagamLifestyle

Ingin Tingkatkan Daya ingat? Lakukan 5 Latihan Otak Ini

Ingin Tingkatkan Daya ingat? Lakukan 5 Latihan Otak Ini

SUARADEWAN.com — Bertambahnya usia memang menjadi tantangan tersendiri untuk semua orang. Berbagai aktivitas dan produktifitas juga akan ikut menurun, salah satunya kemampuan kita untuk mengingat.

Jika dulu kamu bisa mengingat banyak hal dengan lebih mudah dan cepat, kemampuan ini bisa saja berkurang seiring berlalunya waktu dan bertambahnya usia.

Pada dasarnya, menurunnya daya ingat merupakan hal wajar dan setiap orang tentu akan mengalami kondisi ini. Namun meski begitu, kamu tetap bisa melatih ketajaman berpikir dan juga kemampuan daya ingat.

Hal ini akan memungkinkan kamu tetap memiliki daya ingat yang tajam dan cepat. Tidak selalu rumit, beberapa latihan dan kebiasaan ringan akan cukup membantu kamu.

Berikut ini adalah beberapa latihan otak yang dapat kamu lakukan untuk menjaga ketajaman daya ingat:

1. Menambah kosakata baru

Mempelajari kosakata yang baru menjadi salah satu cara untuk membuka kembali kemampuan berpikir dan daya ingat kamu dengan baik. Kamu akan memiliki minat untuk memahami dengan jelas apa makna kosakata tertentu dan kemudian memiliki inisiatif untuk secara otomatis mengingatnya di dalam otak kamu.

Hal ini akan membuat kamu selalu melatih kemampuan berpikir kamu dan sekaligus kemampuan mengingat di saat bersamaan.

Berbagai kosakata yang baru ini bisa kamu dapatkan dengan banyak cara, bahkan yang berkaitan dengan hobi kamu yang lainnya, seperti membaca atau menonton film.

Saat kamu menemukan kosakata baru dan belum familiar bagi kamu, maka segera cari artinya dan pahami makna kata tersebut. Selain melatih kemampuan berpikir, kamu juga akan memiliki kecerdasan tersendiri dengan memahami lebih banyak kosakata di dalam keseharian kamu tentunya.

Baca Juga:  Cara Memperbanyak Sperma Untuk Tingkatkan Kesuburan Yang Dapat Anda Terapkan

2. Mempelajari hal baru

Belajar akan membuka mata dan pikiran kamu menjadi lebih cerdas. Kamu akan memahami lebih banyak hal, bahkan untuk berbagai hal yang sebelumnya tidak pernah kamu bayangkan sekalipun.

Jika kamu ingin melatih kemampuan otak kamu, maka mempelajari berbagai hal yang baru akan menjadi keputusan yang tepat. Jangan pernah bosan untuk belajar, sebab ada banyak sekali hal yang pada dasarnya belum kamu pahami atau bahkan dikenali di luar sana.

Saat kamu mempelajari berbagai hal yang baru ini, maka kamu juga akan melatih kemampuan daya ingat kamu di saat bersamaan. Tidak perlu harus mempelajari sesuatu yang luar biasa atau bahkan sulit untuk kamu mengerti sama sekali.

Kamu bisa memilih hal-hal menyenangkan dan sederhana, namun bisa membuat kamu menikmati proses belajar tersebut dengan bahagia. Belajar cara memainkan alat musik atau bahkan bahasa yang baru bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

3. Libatkan dan pakai semua indra 

Menggunakan semua indra yang kamu miliki saat mempelajari sesuatu merupakan poin yang penting. Cara ini akan membuat kamu lebih mudah untuk memahami sesuatu dengan lebih cepat.

Kamu bisa mengajak beberapa indra kamu untuk bekerjasama dan menjabarkan dengan baik hal yang sedang dipelajari. Di saat bersamaan, otak akan membantu kamu mengingat hal tersebut dengan lebih baik.

Misalnya, saat kamu menikmati menu baru di restoran favorit kamu, maka kamu akan lebih mudah untuk mempelajari menu tersebut jika melibatkan beberapa indra sekaligus.

Kamu bisa melihat tampilan menu tersebut untuk “merasakannya” di dalam otak kamu, mencium aromanya untuk mendapatkan gambaran tentang rasa menu tersebut, mencicipi dan menebak apa saja bahan baku yang digunakan di dalamnya, dan yang lainnya.

Baca Juga:  Nikmati Sensasi Minum Kopi Terbaru: Kopi Pedas dengan Saus Cabai

4. Tingkatkan koordinasi mata dan tangan

Koordinasi yang baik antara mata dengan tangan juga akan membantu kamu mengasah kemampuan daya ingat dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari berbagai kegiatan yang melibatkan aktivitas motorik halus dan terbilang sederhana, seperti: merajut, bermain puzzle, menggambar, dan yang lainnya.

Koordinasi yang baik antara mata dengan tangan seperti ini, akan membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan juga daya ingat. Selain itu, di saat bersamaan kamu juga akan mengasah kreatifitas menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Melakukan meditasi

Meditasi merupakan aktivitas positif yang dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan di dalam diri. Kamu akan merasa lebih rileks selama menjalani sesi meditasi ini, bahkan setelahnya juga. Hal ini bisa membawa dampak positif bagi kemampuan berpikir otak, termasuk kemampuan mengingat.

Saat kamu bisa berpikir dengan tenang dan nyaman, maka kamu akan lebih mudah mengingat berbagai hal yang kamu pikirkan. Hal seperti ini bisa kamu dapatkan melalui sesi meditasi.

6. Latih Kemampuan Mengingat dengan Cara Tepat

Usia mungkin saja menjadi salah satu faktor yang akan menyebabkan melemahnya daya ingat kamu. Namun kamu bisa melatih otak agar tetap memiliki kemampuan mengingat yang baik dan tajam. Pilih dan lakukan latihan yang tepat, agar kedepannya kamu bisa tetap memiliki kemampuan mengingat yang baik. (lihat artikel asli)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: