HomeDPR RI

Ini Alasan Fraksi Gerindra Walk Out Saat Fahri Hamzah Ketok Palu Angket KPK

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Dewan Perwakilan Rakyat RI menggelar sidang Paripurna memutuskan penggunaan hak angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini Jumat (28/4).

Dalam sidang paripurna tersebut tiga Fraksi sempat melakukan interupsi menolak penggunaan hak angket, yakni Fraksi PKB, Demokrat dan Gerindra.

Bahkan Fraksi Gerindra sampai Walk Out karena kecewa interupsinya tidak diindahkan oleh pimpinan sidang Fahri Hamzah.

Ketua Fraksi Gerindra, Ahmad Muzani, menjelaskan, alasan pihaknya walk out adalah karena tidak diberi kesempatan untuk melakukan lobi. Padahal, lobi adalah tradisi sejak lama yang biasa digunakan untuk mencari kesepakatan terbaik sebelum keputusan sidang diambil.

Baca Juga:  Kronologi Lengkap Penolakan Kedatangan Fahri Hamzah Di Manado Versi TA DPR

“Kita juga tidak mau ngotot. Kalau mau diambil keputusan kan hasil lobi dulu. Ini tidak langsung diambil keputusan,” kata Muzani usai walk out, Jumat (28/4).

Awalnya Gerindra berharap persoalan hak angket ini bisa dibicarakan terlebih dahulu dengan sidang diskors sampai beberapa saat.

“Kita menyatakan ini dibicarakan dahulu. Kalau bisa ditunda beberapa fraksi menyatakan sikap yang sama sebaiknya ini kan diskors di lobi seperti tradisi yang sudah-sudah kan,” tukasnya.

Baca Juga:  Pemerintah Tuntut Asing Ganti Rugi Kerusakan Terumbu Karang Raja Ampat

Karena pimpinan sidang sudah mengetuk palu terkait persetujuan penggunakan hak angket itu, maka Gerindra menyatakan tidak mau tahu dengan hasil keputusan itu dan tidak akan ikut bertanggungjawab.

“Kalau cara-caranya begitu kita tidak bisa terima, ya sudah kita mendingan walk out apa yang diputuskan kita tidak tahu dan kita tidak bertanggung jawab dengan persoalan itu,” imbuh Muzanni. (ZA/trb)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: