Lima Poin dalam G20 Bali Leaders Declaration

SUARADEWAN.com  – G20 Bali Leaders Declaration, yang disepakati pada penutupan KTT G20 mempunyai 52 paragraf dalam uraian lengkapnya. Untuk singkatnya ada lima poin yang perlu mendapat perhatian, yakni:

1. Anggota G20 akan gesit dan fleksibel dalam menjalankan kebijakan makroekonomi. Para Anggota G20 juga akan terus melakukan investasi publik dan reformasi struktural, inimempromosikan investasi swasta, dan memperkuat perdagangan multilateral serta ketahanan rantai pasokan global.

“Kami akan memastikan kesinambungan fiskal jangka panjang, dengan komitmen bank sentral masing-masing negara untuk mencapai stabilitas harga,” demikian bunyi Declaration Leaders.

2. Para anggota G20 berkomitmen untuk melindungi stabilitas makroekonomi dan keuangan, dengan menggunakan semua alat yang tersedia untuk mengurangi risiko penurunan, dengan mencatat langkah-langkah sejak krisis keuangan global yang pernah terjadi.

Baca Juga:  Indonesia Sudah Resesi? Ini 5 Faktanya

3. Para anggota G20 akan mengambil tindakan untuk mempromosikan ketahanan pangan dan energi serta mendukung stabilitas pasar, memberikan dukungan sementara dan terarah untuk meredam dampak kenaikan harga, memperkuat dialog antara produsen dan konsumen.

“Serta meningkatkan perdagangan dan investasi untuk kebutuhan ketahanan pangan dan energi jangka panjang, ketahanan pangan dan berkelanjutan, sistem pupuk dan energi.”

4. Para Anggota G20 akan terus berinvestasi ke negara berpenghasilan rendah dan menengah dan negara berkembang lainnya, melalui berbagai sumber dan instrumen pembiayaan yang lebih inovatif, termasuk untuk mengkatalisasi investasi swasta, untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga:  Joko Widodo Lantik Mardiono Jadi Menteri Ketahanan Pangan

“Kami meminta Multilateral Development Banks untuk memajukan tindakan untuk memobilisasi dan menyediakan pembiayaan tambahan dalam mandat mereka, untuk mendukung pencapaian SDGs termasuk melalui pembangunan berkelanjutan dan investasi infrastruktur, dan menanggapi tantangan global.”

5. Para anggota G20 berkomitmen untuk mempercepat pencapaian SDGs, sehingga tercapai kesejahteraan untuk para G20 melalui pembangunan berkelanjutan. ***

 

 

Tinggalkan Balasan

banner 728x90