HomeHankam

Itwasum Polri Gelar Taklimat Awal Wasrik Rutin Tahap II di Polda Jatim

Itwasum Polri Gelar Taklimat Awal Wasrik Rutin Tahap II di Polda Jatim

SURABAYA, SUARADEWAN.com – Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri melaksanakan Taklimat Awal Wasrik Rutin Itwasum Polri Tahap II T.A. 2018 pada Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian di jajaran Polda Jawa Timur, 4 September 2018.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Wakil Inspektur Pengawasan Umum (Wairwasum) Polri Irjen Pol. Agung Sabar Santoso, S.H., M.H., beserta didampingi Irwil I, Brigjen Pol Drs. Didit Prabowo Sulistyono sebagai Pegawas Tim, Ketua Tim Brigjen Ati Gunawati dan Irwasda Polda Jatim Kombes Sutardjo pimpin Wasrik Itwasum Tahap II T.A 2018 Dalam Rangka Taklimat Awal Wasrik Rutin Itwasum Polri bertempat di Rupatama Mapolda Jatim.

Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. Putut Eko Bayuseno, S.H., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wairwasum mengatakan bahwa Pengawasan dan Pemeriksaan adalah salah satu fungsi dari manajemen Kepolisian yang harus dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan program dan anggaran agar dapat dilaksanakan secara efisien transparan dan akuntabel.

Baca Juga:  Tim Wasrik PNPB Itwasum Polri Selenggarakan Pemeriksaan di Polda Sumbar

“Itwasum Polri sebagai pengawas internal Polri melaksanakan pengawasan berdasarkan peraturan pemerintahan nomor 60 tahun 2008, Permenpan RB nomor 5 tahun 2008, Peraturan Kapolri Nomor 18 tahun 2011 dan Peraturan Kapolri Nomor 6 Tahun 2015 tentang pengawasan dan pemeriksaan khusus di lingkungan Polri,” kata Wairwasum dalam sambutannya, (4/9).

“Pengawasan dan pemeriksaan rutin Irwasum Polri ini merupakan salah satu fungsi manajemen yang dilaksanakan terhadap kinerja Polri dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Polri telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, “ ujar Kapolda Jatim Irjen Drs. Machfud Arifin., S.H.

Lebih lanjut Kapolda Jatim menyampaikan bahwa keberhasilan yang telah dicapai Polda Jatim yaitu penilaian laporan kinerja instansi pemerintah Polda Jatim dengan peringkat baik. Polres Gresik, Polres Malang dan Polres Banyuwangi yang pelayanan publik terbaik.

Baca Juga:  Dua Jenderal Itwasum Mabes Polri Cek Pos Pelayanan Mudik Polres Gresik

Irwil I, Brigjen Pol Drs. Didit Prabowo Sulistyono menambahkan bahwa dalam Taklimat Awal Itwasum Polri tersebut, sasaran kegiatan pengawasan dan pemeriksaan visum Polri pada Tahap II Tahun 2018 pada aspek pelaksanaan dan pengendalian diantaranya pelaksanaan program yang dicapai, realisasi penggunaan program anggaran, serta pertanggungjawaban keuangan.

Serta untuk mencegah dan menghindari terjadinya penyimpangan dalam rangka pelaksanaan tugas kepolisian serta akuntabilitas penggunaan anggaran guna meningkatkan kinerja Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ujar Irwil I

Setelah pelaksanaan taklimat awal di lanjutkan dengan pemeriksaan ke masing-masing satker dengan obyek pemeriksaan Sarpras, Opsnal, SDM dan Garkeu dan ke Polres jajaran Polda Jatim. (sd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0