HomeDaerahMaluku-Papua

Itwasum Polri Selenggarakan Taklimat Awal Wasrik Rutin di Wilayah Jajaran Polda Papua Barat

SORONG, SUARADEWAN.com — Inpektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Mabes Polri menggelar Taklimat awal Wasrik rutin Itwil 1 Itwasum Polri Tahap II T. A 2018 Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian pada Satker dan Polres Jajaran Polda Papua Barat, bertempat di Kepolisian Resor Sorong, Selasa (22/05/2018).

Dalam kesempatan itu tim pengawas dihadiri oleh Pengawas Tim Irwil 1 Brigjen Pol Drs. Didit Prabowo Sulistyono, bersama Ketua Tim Kombes Pol Leo Bona Lubis. Serta Anggota Tim yang terdiri dari Kombes Pol. Drs. I Nyoman Labha, SH., MM, Kombes Pol. Drs. Imran Korry, Kombes Pol. Agus Mandarwanto, SH., MM, Sekretaris Tim AKBP. Bayu, S. Ik, Perlin Manik, SE yang merangkap sebagai pemeriksa Pembina.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolda Papua Barat Brigjen Pol. Drs Rudolf A. Rodja didampingi Irwasda Polda Papua Barat dan para PJU Polda Papua Barat yaitu Karo Ops, Karo SDM, Dir Intelkam, Dir Lantas, Dir Pol Airud, Kasat Brimobda Polda Papua Barat dan para Kapolres Se-Sorong Raya serta Kapolres Fak-Fak, dan juga dihadiri para Kabag, Kasat, Kasi, PA dan Urmintu dari masing-masing Kasubsatker.

Kegiatan Taklimat di awali Sambutan Kapolda Papua Barat Brigjen Pol. Drs. Rudolf A. Rodja menyampaikan bahwa selaku Kapolda Papua Barat dan Staf mengucapkan selamat datang kepada Tim Wasrik Itwasum Polri.

Itwasum Polri Selenggarakan Taklimat Awal Wasrik Rutin di Wilayah Jajaran Polda Papua Barat, (22/05/2018).

“Mudah-mudahan selama berada di Polda Papua Barat dan Jajaran dari tanggal 22 s/d 28 Mei 2018 sesuai Surat Perintah Kapolri Nomor : Sprin/1199/V/2018 tanggal 09 Mei 2018, mendapatkan kelancaran dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa,” kata Kapolda Papua Barat.

Baca Juga:  Polri Periksa 5 Saksi Tewasnya Pendiri Matahari

Selanjutnya Kapolda Papua Barat menyampaikan bahwa kegiatan taklimat ini sengaja menggunakan Vidcon untuk di ketahui semua Polres Jajaran Polda Papua Barat dan baru seminggu yang lalu melaksanakan wasrik Polda Papua Barat.

Kemudian Kapolda Papua Barat melaporkan kepada Tim Wasrik bahwa Polda Papua Barat telah melaksanakan langkah-langkah pengawasan terhadap program, pengolaan dan penggunaan anggaran yang bersumber dari Dipa T.A 2018 guna mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dengan mensosialisasikan Dipa pada masing-masing Satker.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk Menganalisa dan evaluasi penyerapan anggaran pada setiap bulan dan triwulan. Melakukan supervisi anggaran dan kegiatan oleh masing-masing Satker pembina Fungsi. Mengendalikan pelaksanaan program kegiatan Polda Papua Barat melalui kegiatan pengawasan dan pemeriksaan oleh Itwasda Polda Papua Barat,” tambah Kapolda Papua Barat.

Itwasum Polri Selenggarakan Taklimat Awal Wasrik Rutin di Wilayah Jajaran Polda Papua Barat,, (22/05/2018).

Kapolda juga berpesan mengingat keterbatasan kemampuan sumber daya manusia dalam sistem manajemen, sehingga masih dimungkinkan ada hal-hal yangg belum sempurna, untuk itu apabila dalam pemeriksaan masih ditemukan hal-hal yang belum sesuai dengan ketentuan, untuk dapat diberikan petunjuk sehingga permasalahan menjadi jelas dan dapat dicarikan solusi.

Baca Juga:  Pansus Angket KPK ke Mabes Polri, Ini Kata Agun Gunandjar

Sambutan Pengawas Tim Irwil 1 Itwasum Polri Brigjen Pol. Drs. Didit Prabowo Sulistyono menyampaikan ucapan terima kasih dan ucapan selamat menjalankan Ibadah puasa bagi umat Muslim, kemudian menyampaikan bahwa pengawasan dan pemeriksaan yang di laksanakan oleh Itwasum Polri sebagai pengawas Internal di lingkungan Polri merupakan Agenda rutin dalam rangkaian Sistem pengendalian Internal terhadap keseluruhan suatu Organisasi.

“Kegiatan pengawasan dan pemeriksaan yg dilaksanakan merupakan salah satu fungsi manajemen yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana program kegiatan di masing-masing satker dan satuan wilayah, dan agar dalam penyelenggaraan program kegiatan dan penggunaan anggaran Dipa dapat menunjukan akuntabilitas secara proporsional dan profesional,” kata Pengawas Tim Irwil 1 Itwasum Polri Brigjen Pol. Drs. Didit Prabowo Sulistyono. (df)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0