HomeHukum dan HAM

Jaksa Agung Menyepakati Permohonan Penundaan Sidang Ahok

Jaksa Agung Menyepakati Permohonan Penundaan Sidang Ahok

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya bahwa Kepolisian Polda Metro Jaya telah melayangkan surat ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara untuk menunda sidang tuntutan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama.

Surat yang merupakan saran demi menjaga kondusifitas Ibukota menjelang pemungutan suara Pilkada DKI putaran kedua itu juga ditembuskan kepada Ketua Mahkamah Agung RI, Kapolri, Irwasum Polri, Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, serta Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Jaksa Agung HM Prasetyo yang dimintai keterangan menyepakati permohonan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal M Iriawan kepada Pengadilan Negeri Jakarta Utara untuk menunda sidang lanjutan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

“Untuk itu saya bisa menerima dan membenarkan apa yang diharapkan dan diimbau pihak kepolisian bisa menjadwal ulang sidang itu karena sudah mendekati masa-masa tenang untuk pelaksanaan pilkada putaran 2,” kata Jaksa Agung HM Prasetyo di Jakarta, Jumat (7/4).

Ia mengaku pihaknya sudah mendapatkan laporan dari Kejati DKI Jakarta mengenai surat tembusan yang dibuat Kapolda kepada Ketua PN Jakut serta majelis hakim perkara Ahok.

Dikatakannya, tampaknya Kapolda melihat ada dinamika yang patut diantisipasi. Demikian pula dengan pemeriksaan terhadap Sandiaga Uno dan Anies, dihentikan oleh Polda sampai Pilkada Putaran kedua, katanya.

“Tentunya kita tidak mengharapkan hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Kendati demikian, ia sepakat penundaan itu tidak bisa dilakukan di luar sidang. “Permintaan itu harus dilakukan di persidangan,” tutupnya. (EW)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: