HomeHukum dan HAM

Jaksa Bantah Ada Intervensi Politik Tunda Sidang Ahok

Jaksa Bantah Ada Intervensi Politik Tunda Sidang Ahok

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Sidang pembacaan tuntutan Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok atas kasus penistaan agama batal digelar hari Selasa (11/4) ini. Pasalnya, amar tuntutan terdakwa kasus penistaan agama tersebut belum rampung disiapkan oleh tim jaksa penuntut umum.

Rencananya sidang akan dilanjutkan pada 20 April nanti, atau sehari setelah pelaksanaan pemungutan suara putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Ketua tim jaksa penuntut umum, Ali Mukartono, membatah dugaan pihak yang menilai bahwa penundaan ini karena ada intervensi dari pihak-pihak tertentu.

Baca Juga:  FUI Ajak Warga Shalat Subuh Berjamaah dan Berdoa untuk Kemenangan Gubernur Muslim

Ali menuturkan, alasan pihaknya belum rampung menyiapkan amar putusan itu karena waktu satu minggu yang diberikan masih kurang, sebab banyak saksi yang diluar berita acara pemeriksaan (BAP) belum dimasukkan dalam tuntutan.

“Satu minggu tidak cukup bagi kami, karena banyak tambahan saksi, maupun ahli yang di yang diluar BAP, kan perlu waktu. Ternyata sampai tadi malam kami belum siap,” kata Ali usai persidangan di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (11/4).

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Bengkulu ini menegaskan, penudaan ini tidak ada hubungannya dengan intervensi politik dari pihak manapun, sebab pihaknya hanya bertugas untuk mengurusi persoalan teknis saja.

Baca Juga:  Ahok-Djarot Butuh 8 Persen Suara untuk Menang, Timses Massifkan Strategi Door to Door

“Nggak ada urusannya (sama politik), saya tanggungjawabnya masalah teknis saja,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, sedianya sidang pembacaan amar tuntutan tedakwa kasus penistaan agama Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok akan dilangsungkan hari ini, Selasa (11/4) pukul 09.00 WIB di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Namun karena berkas yang diperlukan belum rampung disiapkan, maka sidang ditunda hingga pekan depan. (ZA)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: