Jalur Nataru 2022/2023 DIY dan Jawa Tengah Telah Siap

SUARADEWAN.com – Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I, Akhmad Cahyadi bertemu dengan Komisi V DPR-RI kunjungan kerja persiapan Jalur Nataru ke DIY pada Rabu (30/11/22).

Dalam pertemuan itu, Akhmad Cahyadi mengatakan bahwa infrastruktur jalan dan jembatan nasional di provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah siap menghadapi arus kendaraan pada libur Natal dan Tahun Baru (Jalur Nataru) 2023.

Hal itu berdasar laporan kesiapan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga.

Akhmad Cahyadi menjelaskan ada tiga lintas utama Jalur Nataru di Pulau Jawa. Yakni Lintas Pantai Utara (Pantura) sepanjang 1.430 km, lalu jalan Tol Trans Jawa sepanjang 1.403 Km dan Lintas Pantai Selatan (Pansela) yang telah terbangun dari Banten – Jawa Barat – Jateng – DIY dan Jawa Timur dengan panjang 1.167 km.

Sudewo, Anggota Komisi V DPR RI, mengatakan kunjungan kerja ini untuk meninjau secara langsung persiapan fasilitas transportasi darat, udara maupun perkeretaapian dalam menyongsong libur Nataru 2022-2023.

“Berkaca pada natal 2021 dan tahun baru 2022 lalu, mobilitas masyarakat hampir seluruh moda transportasi naik. Maka dari itu kami meminta pemerintah mempersiapkan sarana dan prasarana dalam menyambut arus mudik dan arus balik Natal 2022 dan tahun baru 2023,” jelasnya.

Selain tiga poros jalan utama, Cahyadi juga menjelaskan bahwa jalur pendukung seperti jalur Pantura di Pejagan, Perupuk, Purwokerto juga dicek kesiapannya menghadapi arus Nataru. Juga jalur pendukung dari Rembang, Blora, Cepu, dan Ngawi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90