HomeDPR RI

Jangan Goreng Masalah SARA untuk Jualan Politik

Jangan Goreng Masalah SARA untuk Jualan Politik

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Mantan Ketua DPR RI Ade Komarudin atau biasa disapa Akom mengimbau semua pihak jangan menggoreng isu SARA untuk menjadi jualan politik demi kemenangan di kontestasi Pilkada.

Hal tersebut disampaikan Akom saat orasi kebangsaan sekaligus perayaan HUT Soksi di Menara Citicon, Jakarta Barat, Sabtu (20/5).

“Tidak menggoreng masalah-masalah SARA, menjadi bahan jualan politik untuk mencapai kemenangan di Pilkada,” kata Akom.

Baca Juga:  Dukungan Ketua MPR kepada Putra Putri TNI AD untuk Jaga Wawasan Kebangsaan

Ia mencontohkan Pilkada DKI Jakarta yang belum lama ini usai, yang ternyata menjadi pemicu berbagai gejolak di berbagai daerah lain di Indonesia.

“Jadi kepentingan jangka pendek soal kalah menang. Mungkin di masa datang karena pilkada kita sudah sepakat langsung seluruh Indonesia, kemarin pilkada DKI Jakarta yang jadi pemicunya,” tukasnya.

Untu itu Akom mendorong Pemerintah untuk membuat peraturan yang memungkinkan penyalahgunaan isu SARA bisa ditekan bahkan dihilangkan. Sebab, jika masalah itu tetap dibiarkan, persatuan bangsa Indonesia akan terancam.

Baca Juga:  Pengamat Hukum: Persekusi Ganggu Stabilitas Keamanan

“Sebaiknya mungkin kita harus membuat peraturan bisa saja dimulai dai peraturan pemerintah atau mendorong DPR agar kontestan pilkada itu tidak mengusik hal-hal mendasar soal sara. Bila dibiarkan akan membahayakan persatuan kita,” ungkapnya. (za/tr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: