Presiden Jokowi Terima Penghargaan Perdamaian dari Abu Dhabi

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Presiden Joko Widodo telah menerima Penghargaan Perdamaian Internasional Imam Hasan bin Ali Tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 7 November 2022. Penghargaan tersebut diberikan oleh Abu Dhabi Forum for Peace (ADFP) yang berasal dari Negara Uni Emirat Arab.

Sekretaris Jenderal ADFP, Cheikhna Abdallah AlSheikh AlMahfodh Bin Bayah, menyerahkan langsung piagam tersebut untuk diterima oleh Presiden Joko Widodo. Setelah sebelumnya plakat penghargaan tersebut sudah diserahkan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat berada di Abu Dhabi pada Rabu, 2 November 2022.

Baca Juga:  PLTU Batang Dijamin Pemerintah, Ditolak Warga

“Penghargaan ini adalah pengakuan atas dedikasi dalam mewujudkan perdamaian, termasuk kontribusi Indonesia dalam perdamaian internasional,” tutur Cheikhna. Pemberian penghargaan ini ditujukan teristimewa untuk para pemimpin, cendekiawan muslim, dan organisasi muslim yang karyanya berpengaruh dalam perdamaian.

Cheikhna juga menjelaskan bahwa nama Imam Hasan bin Ali sangat bermakna dalam hal menjaga perdamaian dikarenakan Imam Hasan bin Ali berhasil mendamaikan dua kubu yang mempunyai konflik besar di tanah Arab, yakni Muawiyah dan Ali bin Abi Thalib.

Penghargaan ini sudah diadakan sejak tahun 2015. Dan diberikan kepada Wahidudin Khan dari India (2015), National Interfaith Peace Platform di Afrika Tengah (2016), Egyptian Family House di Mesir (2017), Presiden Eritrea Afwerki dan Perdana Menteri Ethiopia Aby Ahmed (2018), Sheikh Dr. Muhammad bin Abdul Karim Al-Issa dari Liga Muslim Dunia (2019), dan The Frontline Heroes Office dari Uni Emirat Arab (2020).

Baca Juga:  Asing: Indonesia Negara Muslim Terbesar Di Dunia Yang Punya Festival Seks

Pemberian ini juga diharapkan mempererat hubungan antara negara Indonesia dan Uni Emirat Arab, dan menjadikan semangat untuk mempersiapkan diri menyambut penyelenggaraan G20.***

 

Tinggalkan Balasan

banner 728x90